Motivasi Ikut Himpunan Mahasiswa

Image: canva.com

10 Motivasi Ikut Himpunan Mahasiswa Saat Kuliah

Sebenarnya apa tujuan utama Kamu saat pertama kali menginjakkan kaki di universitas? Apalagi kalau bukan kuliah, menimba ilmu, lulus, dan menjadi sarjana. Akan tetapi, masa perkuliahan ini dapat Kamu manfaatkan untuk berjejaring dengan mengikuti berbagai organisasi seperti himpunan mahasiswa. Motivasi ikut himpunan mahasiswa sendiri akan Kamu rasakan manfaatnya setelah menuju semester akhir.

Masa-masa kuliah merupakan waktu di mana kita harus mencari banyak ilmu selain di kelas, seperti mengikuti organisasi. Di sana Kamu akan mendapat pengalaman berharga yang manfaatnya sangat besar dalam kehidupan. Apabila Kamu masih merasa bingung alasan kenapa harus ikut himpunan mahasiswa, maka perhatikan beberapa motivasinya di bawah ini.

Baca Juga:  10 Alasan Ingin Mengikuti BEM Itu Penting Buat Kamu

1. Punya Pengalaman

Pengalaman berharga ini akan Kamu dapatkan saat Kamu ikut himpunan mahasiswa. Oleh sebab itu, motivasi masuk himpunan harus didasari dengan niat mencari pengalaman baru di luar kelas.

2. Belajar Mengatur Waktu

Menjadi mahasiswa yang ikut himpunan sudah dipastikan akan sibuk. Dalam hal ini Kamu ditantang untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Yang mana Kamu harus membagi waktu organisasi disela-sela kesibukan kuliah Kamu.

3. Lebih Siap Menghadapi Masalah

Dengan mengikuti himpunan mahasiswa, artinya Kamu siap menghadapi masalah yang akan terjadi di dalam organisasi tersebut. Oleh sebab itu jadikan himpunan itu sebagai motivasi ikut himpunan mahasiswa. Karena menjabat dalam sebuah organisasi artinya Kamu akan bergerilya dengan tugas yang diberikan.

Baca Juga:  10 Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa Jurusan Buat Kamu

4. Punya Ilmu Baru Di Luar Kelas

Kemampuan soft skill Kamu akan diasah, seperti bagaimana cara menjadi pemimpin, bagaimana cara berorganisasi, dan hal teknis lainnya.

5. Memiliki Empati Yang Tinggi

Kemampuan empati seseorang benar-benar diuji ketika Kamu mencoba ikut organisasi atau himpunan. Di sana mental Kamu akan diuji, maka secara tidak langsung Kamu dilatih memiliki rasa empati yang tinggi.

6. Meningkatkan Relasi Pertemanan

Punya banyak relasi itu penting agar Kamu memiliki lingkaran pertemanan yang baru. Dengan ikut himpunan mahasiswa, mungkin saja Kamu akan bertemu dengan mahasiswa lainnya yang berbeda jurusan bahkan mungkin beda kampus.

Baca Juga:  10 Alasan Masuk Himpunan Mahasiswa Jurusan Di Kampus

7. Bertemu Dengan Stakeholder

Himpunan mahasiswa biasanya menyelenggarakan sebuah event yang mengharuskan Kamu berkomunikasi dengan stakeholder. Mengenal stakeholder tentu sangat bermanfaat, apalagi ketika Kamu lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan.

8. Kesempatan Meraih Beasiswa

Beasiswa tertentu biasanya menargetkan mahasiswa yang aktif berorganisasi, baik itu di kampus atau di luar kampus. Dengan pengalaman Kamu berada di himpunan, maka besar kemungkinan Kamu bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

9. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan komunikasi menjadi poin penting dalam sebuah organisasi, khususnya ketika menyelenggarakan sebuah event. Dalam hal ini Kamu bisa berlatih bagaimana seharusnya berkomunikasi yang baik.

Baca Juga:  10 Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa Jurusan Buat Kamu

10. Berkesempatan Magang

Magang merupakan salah satu aktivitas wajib mahasiswa semester akhir. Nah, dengan pengalaman event yang bersinggungan dengan stakeholder, maka di sana Kamu berkesempatan magang.

Demikianlah 10 motivasi ikut himpunan mahasiswa saat masih kuliah. Carilah pengalaman sebanyak-banyaknya ketika Kamu berstatus mahasiswa, karena nanti Kamu akan mendapat manfaatnya di kemudian hari.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *