Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa Jurusan

Image: canva.com

10 Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa Jurusan Buat Kamu

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di kampus, Kamu pasti sudah disambut dengan berbagai organisasi yang mengajak Kamu bergabung bersama mereka. Organisasi atau komunitas itu sangatlah beragam, mulai dari yang berkaitan dengan hobi, minat, maupun bakat. Sebaiknya Kamu ikut salah satu organisasi tersebut, seperti himpunan mahasiswa himpunan jurusan. Karena manfaat mengikuti himpunan mahasiswa jurusan akan Kamu rasakan di kemudian hari, khususnya ketika Kamu sudah sampai semester akhir.

Organisasi kampus yang biasa disebut dengan himpunan mahasiswa jurusan ini biasanya terdiri dari kumpulan orang yang memiliki idealisme yang sama. Di sana Kamu bisa belajar berbagai hal, mulai dari membahas mata kuliah, cara memajukan jurusan, dan lain sebagainya. Banyak sekali manfaat yang dapat Kamu terima ketika ikut himpunan mahasiswa jurusan yang beberapa di antaranya akan diuraikan di bawah ini.

Baca Juga:  10 Motivasi Ikut Himpunan Mahasiswa Saat Kuliah

1. Latar Belakang Sama

Di himpunan mahasiswa jurusan tentunya Kamu akan bertemu dengan teman-teman sesama jurusan yang berasal dari latar belakang beragam. Kesamaan idealisme ini dapat membawa Kamu ke dalam ranah organisasi yang lebih dalam.

2. Keluarga Paling Dekat

Anggota himpunan mahasiswa sudah tentu terdiri dari kumpulan orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Di sisi lain, keanggotaan ini dapat dijadikan batu loncatan sebagai keluarga yang palin dekat.

3. Menambah Kenalan Dan Relasi

Ruang kerja himpunan mahasiswa jurusan memang terbatas, namun bukan berarti lingkaran pertemanan Kamu tidak bertambah. Dalam hal ini Kamu dapat menambah kenalan dan relasi dengan menyelenggarakan event yang menghadirkan stakeholder dan narasumber.

Baca Juga:  10 Alasan Masuk Himpunan Mahasiswa Jurusan Di Kampus

4. Membantu Dalam Studi

Himpunan mahasiswa jurusan dapat menjadi salah satu peluang dalam membantu studi Kamu. Yang mana Kamu dapat membuat komunitas belajar yang menghadirkan senior Kamu.

5. Belajar Sosialisasi

Dalam dunia kerja, sosialisasi dan komunikasi itu sangatlah penting. Oleh sebab itulah Kamu harus mengasah kemampuan tersebut dengan ikut himpunan mahasiswa jurusan.

6. Sarana untuk Lebih Dekat dengan Dosen

Biasanya aktivitas himpunan mahasiswa jurusan seringkali berkaitan dengan dosen sebagai narasumber kegiatan. Dengan demikian Kamu dapat memanfaatkan keadaan tersebut agar bisa lebih dekat dengan dosen.

Baca Juga:  10 Alasan Ingin Mengikuti BEM Itu Penting Buat Kamu

7. Tempat Bertukar Pikiran

Manfaat mengikuti himpunan mahasiswa jurusan salah satunya sebagai tempat bertukar pikiran dengan teman-teman lainnya melalui kegiatan diskusi rutinan.

8. Melatih Soft Skill

Di dalam organisasi biasanya Kamu akan belajar mengembangkan kemampuan soft skill, seperti bagaimana cara menjadi pemimpin, bagaimana bersosialisasi dan komunikasi, dan lain sebagainya.

9. Berpeluang Menjadi Staff Jurusan

Kedekatan antara himpunan mahasiswa dengan jurusan dapat Kamu manfaatkan untuk bekerja atau magang menjadi staff jurusan sebelum Kamu kerja di luar kampus.

10. Lingkaran Pertemanan Dengan Idealisme Yang Sama

Baca Juga:  10 Alasan Ingin Mengikuti BEM Itu Penting Buat Kamu

Ketika Kamu masuk dalam lingkaran pertemanan yang memiliki idealisme yang sama, maka tujuan dari himpunan pun kemungkinan besar tercapai.

Demikianlah 10 manfaat mengikuti himpunan mahasiswa jurusan selama Kamu kuliah. Pengalaman berorganisasi memang sebaiknya Kamu cari untuk bekal di masa yang akan datang.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *