Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Image: canva.com

10 Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK merupakan jenjang pendidikan yang memberikan ilmu kejuruan disamping pelajaran-pelajaran normatif lainnya. Dengan kurikulum ini, para lulusan SMK dipersiapkan dan diharapkan bisa langsung siap memasuki dunia kerja dan memiliki keahlian di suatu bidang setelah mereka lulus dari SMK nantinya. Dari berbagai jurusan yang ada di SMK, berikut informasi tentang jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan dan bisa Kamu jadikan pertimbangan.

1. Broadcasting

Jurusan broadcasting atau ilmu penyiaran di SMK sedang banyak diminati saat ini. Lulusan jurusan ini cukup mudah mendapat pekerjaan karena berkembangnya media penyiaran belakangan ini.

2. Mesin

Jurusan teknik mesin sejak dulu selalu diminati banyak orang. Lulusan jurusan ini juga dinilai mudah mendapat pekerjaan karena banyak sekali bidang atau perusahaan yang membutuhkan para ahli mesin.

Baca Juga:  10 Jurusan SMK Yang Bagus Untuk Wanita Seperti Kamu

3. Kecantikan

Jurusan kecantikan di SMK biasanya lebih banyak diminati oleh para perempuan. Lulusan jurusan ini juga cukup mudah untuk mendapat pekerjaan bahkan bisa membuka usaha sendiri yang berkaitan dengan dunia kecantikan.

4. Tata Busana

Seperti halnya jurusan kecantikan, jurusan tata busana di SMK juga lebih didominasi oleh kaum perempuan. Lulusan dari tata busana juga cukup mudah mendapat pekerjaan mengingat industri pakaian dan mode yang tidak akan pernah berhenti .

5. Akuntansi

Jurusan akuntansi juga menjadi jurusan yang selalu banyak diminati dan banyak SMK yang membuka jurusan ini. Para lulusan akuntansi akan banyak dibutuhkan di dunia perbankan maupun perpajakan.

6. Teknologi Komputer Dan Jaringan

Baca Juga:  10 Jurusan SMK Yang Gajinya Besar Dan Mudah Dapat Pekerjaan

Jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah TKJ atau Teknologi Komputer dan Jaringan. Lulusan TKJ akan mudah mendapat pekerjaan mengingat perkembangan teknologi internet yang selalu berkembang pesat dan dibutuhkan oleh semua perusahaan.

7. Tata Boga

Tata boga merupakan jurusan yang akan mengajarkan Kamu ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dunia kuliner. Lulusan jurusan ini akan mudah mendapat pekerjaan bahkan bisa membuka usaha sendiri mengingat industri kuliner adalah industri yang dibutuhkan orang-orang setiap hari.

8. Administrasi Perkantoran

Para lulusan administrasi perkantoran akan mudah mendapat pekerjaan di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah. Setiap perusahaan juga akan selalu membutuhkan admin untuk mengurus segala macam tugas administrasi.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Jurusan SMK Yang Tepat Agar Tak Salah Jurusan

9. Pariwisata

Lulusan dari jurusan pariwisata akan mudah mendapat pekerjaan terlebih sektor pariwisata akhir-akhir ini sedang mengalami perkembangan pesat. Lulusan dari jurusan ini juga berkesempatan bekerja sambil berkeliling dunia.

10. Otomotif

Para lulusan teknik otomotif akan memiliki kemampuan mengenai ilmu yang berhubungan dengan kendaraan. Para lulusan jurusan ini juga akan mudah mendapat pekerjaan di berbagai perusahaan otomotif yang banyak berdiri di Indonesia.

Itulah 10 jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan untuk referensi bagi Kamu yang sedang mempertimbangkan untuk masuk SMK. Semoga ulasannya bermanfaat ya buat Kamu.