Jurusan SMK Yang Bagus Untuk Wanita

Image: canva.com

10 Jurusan SMK Yang Bagus Untuk Wanita Seperti Kamu

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah menyediakan berbagai jurusan untuk anak muda yang siap kerja. Diantaranya jurusan teknik informasi dan komunikasi, teknik otomotif, perhotelan, dan lain sebagainya. Adapun jurusan SMK yang diperuntukkan khusus bagi wanita, seperti tata kecantikan kulit, tata kecantikan rambut, tata boga, akuntansi, dan masih banyak lagi. Beberapa contoh jurusan tersebut merupakan jurusan SMK yang bagus untuk wanita karena memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Adapun jurusan lainnya akan diuraikan di bawah ini.

1. Usaha Perjalanan Pariwisata

Keindahan alam Indonesia membuat industri pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam menumbuhkan kesejahteraan ekonomi. Pesatnya pembangunan daerah dan gencarnya publikasi pariwisata membuat gerakan industri pariwisata di Indonesia meningkat pesat. Untuk mendukung sektor industri ini dibutuhkan peran wanita dalam hal publikasi, pelayanan, dan jasa pariwisata.

2. Perbankan Syariah

Dalam kurun tiga tahun terakhir masyarakat yang menggunakan jasa keuangan syariah mencapai 28%. Hal ini membuktikan industri keuangan syariah mengalami kemajuan yang signifikan. Dalam hal ini, untuk memaksimalkan pelayanan dibutuhkan karyawan wanita yang akan ditempatkan sebagai teller maupun resepsionis.

Baca Juga :  10 Jurusan SMK Yang Gajinya Besar Dan Mudah Dapat Pekerjaan

3. Tata Kecantikan Kulit/Rambut

Berdasarkan data dari Euromonitor Internasional, negara-negara berkembang telah berkontribusi sebesar 51% dalam industri kecantikan global. Salah satunya negara Indonesia yang mendominasi industri kecantikan kulit dan kecantikan rambut. Dengan demikian, industri kecantikan merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan di masa depan.

4. Akuntansi

Kebutuhan tenaga ahli perpajakan sangat besar sejak Dirjen Perpajakan RI memperketat penerapan Peraturan Perpajakan Indonesia. Maka dari itu, lulusan akuntansi sudah ditunggu oleh pemerintahan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

5. Teknika/Nautika Pelayaran

Dalam hal perjalanan pariwisata, pegawai wanita sudah pasti sangat dibutuhkan untuk pelayanan dan jasa. Apalagi menurut Biro Kepegawaian, Indonesia akan membutuhkan sedikitnya 69 ribu tenaga pelayaran untuk menghadapi pembangunan maritim. Nautika pelayaran menjadi salah satu jurusan SMK yang bagus untuk wanita karena dapat bekerja sesuai dengan keahliannya.

Baca Juga :  Pekerjaan Lulusan SMK Yang Bebas Untuk Semua Jurusan, Ada 10 Jenis!

6. Farmasi

Industri kesehatan di negara berkembang masih menjadi perhatian, khususnya dalam hal pelayanan. Berdasarkan fakta, rasio ketersediaan apoteker di Indonesia 1:8000 yang masih jauh dari kata ideal. Farmasi menjadi salah satu jurusan yang bagus untuk wanita karena memiliki peluang kerja yang sangat tinggi, khususnya pelayanan.

7. Perhotelan

Dalam industri pariwisata peran wanita memang selalu dibutuhkan, khususnya dalam dunia perhotelan. Dalam hal ini, wanita selalu ditempatkan pada pekerjaan dengan jenis pelayanan dan jasa, tentunya yang berkaitan dengan kewanitaan. Bekerja pada industri pariwisata memang menjanjikan, mengingat gaji yang ditawarkan cukup besar.

8. Keperawatan

Sejauh ini profesi perawat memang sudah digandrungi para wanita. Selain gaji yang besar perawat identik dengan keahlian wanita dalam merawat, baik itu merawat pasien bayi, anak kecil, dewasa, atau orang tua.

Baca Juga :  Uang Bangunan Mahal! Gimana Cara Meringankan Biayanya?

9. Teknik Produksi Dan Penyiaran Program Radio Dan Pertelevisian (Broadcasting)

Siaran radio dan TV swasta telah berkembang pesat di Indonesia sejak tahun 2003. Bahkan industri ini masih berkembang hingga sekarang dalam level yang lebih tinggi. Berkarir dalam dunia broadcasting lebih dinamis, maka dari itu jurusan ini bagus untuk wanita.

10. Tata Boga

Dunia kuliner tidak akan pernah mati karena semua orang membutuhkan pangan dalam kesehariannya. Bagi Kamu yang memiliki hobi, minat, bakat, serta passion dalam dunia memasak mungkin bisa mengambil jurusan tata boga.

Nah, demikianlah beberapa jurusan SMK yang bagus untuk wanita. Jurusan-jurusan di atas memiliki prospek kerja yang dinamis, sehingga cocok untuk wanita yang sudah berkeluarga sekalipun. Dalam hal ini, wanita dapat dengan mudah membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *