Jurusan Kesenian Yang Menjanjikan

Image: canva.com

10 Jurusan Kesenian Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

Memilih jurusan kuliah yang sesuai minat bakat memang perlu pertimbangan matang. Kalau Kamu punya ketertarikan di bidang seni, kali ini ada beberapa rekomendasi jurusan kesenian yang menjanjikan dan paling diminati sampai sekarang, bahkan beberapa tahun ke depan.

Jurusan kuliah bidang kesenian pada umumnya terbagi lagi dalam program studi maupun materi yang tentu saja menarik dipelajari. Sejarah kesenian, unsur-unsur estetika dan segala macam hal kreatif akan Kamu temukan pada jurusan seni.

Buat Kamu yang berniat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan tertarik mendalami seni dan industri kreatif, coba cek dulu jurusan kesenian yang menjanjikan dalam artikel berikut untuk membuka sudut pandang Kamu sebelum mantap mengambil jurusan seni.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesenian Sebagai Pilihan Saat Kuliah

1. Seni Murni

Belajar tentang seni murni akan mengasah keterampilan artistik dan pengembangan ekspresi Kamu dalam menciptakan sebuah karya. Kurikulum seni murni dasar nantinya berkaitan dengan media tradisional seperti media lukis, gambar, pahat, teater, maupun digital.

Sebagai mahasiswa, Kamu tidak akan langsung praktik menerapkan bagaimana seni murni itu semestinya, melainkan belajar dulu seputar materi sejarah hingga studi kritis terhadap dunia seni.

2. Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual (DKV) termasuk salah satu jurusan kesenian yang menjanjikan di bangku kuliah. Peminatnya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Perusahaan-perusahaan rintisan (startup) banyak sekali membuka lowongan kerja bagi lulusan DKV ini karena dianggap punya daya kreatifitas tinggi.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesenian Dan Gajinya

Sesuai namanya, pembelajaran DKV mengutamakan kecakapan dalam seni bahasa. Iya, Kamu akan belajar bagaimana menuangkan informasi yang menarik dibaca dan persuasif (sifatnya mengajak) melalui media visual, misalnya infografik dan motion graphic.

3. Desain Interior

Hobi mendekor ruangan yang semula biasa saja menjadi luar biasa? Nah, itu artinya Kamu cocok masuk jurusan kuliah kesenian dengan program studi Desain Interior. Di sini, Kamu akan belajar lebih banyak lagi tentang tata dekorasi ruangan.

Jurusan ini mengasah kemampuan Kamu dalam hal desain interior, terutama pada ruangan kantor, rumah, restoran, tempat bisnis, dan lainnya. Setelah lulus dari jurusan ini, harapannya Kamu memiliki keahlian mumpuni untuk merancang tata letak ruangan yang bernilai estetik.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesenian Sebagai Pilihan Saat Kuliah

4. Seni Rupa

Punya hobi menggambar semestinya harus terus dikembangkan. Karena itulah, seni rupa hadir sebagai salah satu jurusan kuliah kesenian yang menjanjikan dengan prospek karir bagus ke depannya.

Mahasiswa seni rupa biasanya dituntut menciptakan suatu karya nan indah dengan nilai seni tinggi, bukan hanya dimanfaatkan sebagai barang pakai. Seperti halnya jurusan kuliah seni yang lain, program studi (prodi) Seni Rupa lebih banyak melatih keaktifan mahasiswa untuk praktik langsung.

5. Tata Busana

Bercita-cita ingin terjun dan berkarir di dunia fesyen, sudah seharusnya Kamu mengambil program kuliah Tata Busana. Kamu akan banyak sekali belajar tentang dunia-dunia mode.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesenian Dan Gajinya

Biasanya, konsep belajar di jurusan ini sangat fleksibel. Kebanyakan mahasiswanya pun memiliki style masing-masing di dalam kelas. Selain itu, hampir sebagian besar ruang kelas perkuliahan di jurusan Tata Busana dirancang seperti studio desain mode profesional.

6. Seni Tari

Jurusan kuliah berhubungan dengan seni berikutnya adalah Seni Tari. Sebagai mahasiswa, Kamu akan banyak praktik memperagakan pikiran serta emosi jiwa ke dalam gerakan tari penuh makna.

Beberapa program tarian yang diajarkan seperti tari tradisional, ballet, modern dance, tap dance, jazz dance, hingga breakdance. Meskipun sebenarnya menari bisa dilatih dengan latihan otodidak, ikut komunitas, atau kursus, gelar sarjana Seni Tari akan menjadi nilai tambah ketika Kamu ingin berkarir pada jenjang profesi yang diinginkan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesenian Sebagai Pilihan Saat Kuliah

7. Seni Peran (Teater dan Drama)

Program jurusan kesenian yang satu ini akan mengajarkan para mahasiswa tentang pertunjukan seni, mulai dari klasik kontemporer, teatrikal modern, hingga teater atau drama musikal. Tak hanya mendapatkan teori tentang olah peran yang baik, jurusan ini juga mengajarkan Kamu tentang kemampuan menari, bernyanyi, dan tata mode.

8. Seni Musik

Selanjutnya, program studi Seni Musik termasuk salah satu jurusan kesenian yang menjanjikan dengan peluang kerja baik setelah lulus. Di jurusan ini, Kamu sebagai mahasiswa akan diajarkan teori maupun praktik dalam ‘berkomunikasi’ lewat musik.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesenian Dan Gajinya

Hal-hal penting yang perlu dilakukan sebelum mendistribusikan hasil karya seni musik juga akan dipaparkan detail. Biasanya, mahasiswa jurusan Seni Musik memiliki keahlian dalam menyampaikan pesan hingga kritikan halus melalui untaian musik berkelas.

9. Tata Rias dan Kecantikan

Para kaum hawa bisa dibilang mendominasi jurusan kuliah kesenian yang satu ini, Tata Rias dan Kecantikan. Jangan anggap sepele dulu ya, karena jurusan ini punya prospek kerja menjanjikan, salah satunya menjadi seorang Make Up Artist (MUA) profesional.
Kabar baiknya, beberapa tahun terakhir ini, jurusan Tata Rias dan Kecantikan mulai ramai digandrungi para pria. Bahkan, kemampuan dan intuisi merias mereka mampu menyaingi wanita. Kamu sendiri bagaimana, tertarik dengan jurusan ini?

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesenian Dan Gajinya

10. Televisi Dan Perfilman

Hampir sebagian besar sutradara-sutradara ternama mengambil jurusan kuliah Televisi dan Perfilman. Apabila Kamu ingin seperti mereka, jurusan kuliah di bidang seni ini adalah pilihan yang tepat.

Terlebih, peluang karir kedepannya sangat terbuka lebar. Lihat saja sekarang, ada banyak sekali karya film Indonesia yang berhasil tembus internasional. Tentu semua itu tidak terlepas dari para sineas dan orang-orang hebat yang cakap di bidang perfilman.
Kalau Kamu mengambil jurusan kesenian populer ini dan tekun belajar selama kuliah, tidak menutup kemungkinan di masa depan Kamu akan menjadi salah satu orang hebat di industri perfilman kreatif seperti mereka.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesenian Sebagai Pilihan Saat Kuliah

Nah, itulah rekomendasi pilihan jurusan kesenian yang menjanjikan dengan peluang dan prospek kerja bagus setelah lulus. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuka sudut pandang Kamu sebelum mantap mengambil jurusan seni, ya.