Alasan Memilih Kuliah Di Semarang

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Kuliah Di Semarang Bagi Yang Masih Bimbang

Berencana kuliah dalam waktu dekat dan masih bingung menentukan universitas yang tepat? Jangan sampai kegalauan Kamu semakin berlarut hingga masa SPMB berakhir. Sebaiknya Kamu pertimbangkan dulu 10 alasan memilih kuliah di Semarang berikut ya!

1. Memiliki Banyak Pilihan Kampus Berkualitas

Semarang memiliki banyak kampus negeri yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia seperti Universitas Diponegoro, UIN Walisongo, Polines dan Universitas Negeri Semarang. Selain itu, masih ada banyak PTN dan PTS yang bisa Kamu pilih sebagai tempat belajar kelak.

2. Biaya Kuliah Murah

Kuliah di Undip bisa menjadi pilihan buat Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dengan biaya murah. Sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang ditetapkan pemerintah bisa membantu Kamu yang berasal dari golongan bawah.

3. Lingkungan Belajar Yang Kondusif

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Semarang Dalam Sebulan

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia, tetapi tidak sebesar kota Jakarta atau Surabaya. Setidaknya Kamu bisa menikmati suasana belajar tanpa adanya berbagai permasalahan kota seperti macet dan polusi berlebihan.

4. Harga Sewa Tempat Tinggal Murah

Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah yang memiliki tarif hidup cukup terjangkau. Biaya sewa tempat tinggal sementara seperti kost hanya 300-500 ribu per bulan tergantung fasilitas yang diberikan. Kamu juga bisa memilih kontrakan yang ditinggali bersama teman-teman biar lebih murah.

5. Harga Makanan Murah Meriah

Tak hanya Jogja yang menawarkan biaya murah untuk makan sehari-hari, Semarang pun tak mau kalah lho! Harga makanan warteg 10 ribu saja bisa membuat Kamu kenyang sekali makan.

6. Akses Transportasi Memadai

Alasan memilih kuliah di Semarang sebab kota sejarah ini memiliki akses transportasi yang memadai. Bus Rapit Transit atau Trans Semarang merupakan moda transportasi favorit yang memiliki banyak rute. Pelajar hanya perlu membayar uang seribu rupiah asal menunjukkan kartu identitas. Keren, bukan?

Baca Juga:  10 Kampus Terbaik Di Semarang Yang Bisa Kamu Coba Daftar

7. Memiliki Tempat Wisata Yang Menarik

Semarang merupakan destinasi wisata favorit di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Kalau Kamu bosan dengan tugas kuliah, bisa melancong ke Lawang Sewu, Kota Lama atau pergi ke Pantai Marina. Tentu masih ada banyak tempat wisata sejarah dan alam menarik di Semarang.

8. Media Belajar Non Akademik Yang Beragam

Kelebihan kuliah di Semarang dibandingkan kota lain adalah Kamu bisa belajar banyak hal di luar aktivitas akademik. Kamu bisa belajar tradisi dan kegiatan perikanan di kampung nelayan atau Memilih Belajar Membatik Di Kawasan Kampung Batik.

9. Kegiatan Wisata Kuliner Hari Sabtu-Minggu

Buat anak kost yang rindu masakan rumah atau ingin mencicipi aneka kuliner enak, wajib mengagendakan wisata kuliner hari Sabtu-Minggu di Pasar Kuliner Semawis. Selain itu, Kamu tetap bisa nongkrong asyik bersama teman di Simpang Lima atau Taman KB yang menjajakan aneka kuliner tak kalah enak.

Baca Juga:  10 Alasan Kenapa Kamu Perlu Sekolah Di Semarang

10. Fasilitas Publik Yang Mendukung

Tak hanya fasilitas di kampus saja yang berkualitas, Semarang juga mendukung kehidupan Kamu sebagai mahasiswa dari luar kota. Semarang memiliki fasilitas publik yang lumayan memadai mulai mall, restoran, kafe, dan lain-lain.
Apakah Kamu yakin tidak ingin kuliah di Semarang? Pertimbangkan 10 alasan memilih kuliah di Semarang di atas ya!