Alasan Memilih Jurusan TKJ

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan TKJ Bagi Yang Bingung Mau Pilih Apa

Salah satu jurusan di SMK yang menjadi primadona dan kerap menjadi rebutan para calon murid adalah TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan. Jurusan yang mengajarimu tentang komputer beserta jaringannya ini memang memiliki prospek kerja yang luas dan gaji yang menggiurkan. Nah selain alasan tersebut, kira-kira apalagi ya alasan memilih jurusan TKJ? Yuk, simak informasi lengkapnya di ulasan berikut ini.

1. Belajar Tentang Teknik Komputer

Di jurusan ini, Kamu harus belajar tentang teknik komputer yang mana tidak hanya perakitan PC saja, melainkan juga konfigurasi jaringan perangkatnya. Sebut saja Switch, Router, hub, dan lain-lainnya.

2. Kerja Ada Di Luar Dan Di Dalam Ruangan

Baca Juga:  10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKJ Yang Perlu Kamu Tau

Salah satu alasan mengapa banyak siswa, khususnya murid perempuan, memilih TKJ sebagai jurusan mereka yakni karena kerjanya yang tidak hanya di luar, melainkan juga di dalam ruangan. Memang di jurusan ini Kamu akan belajar mengenai maintenance kabel yang mana mengharuskanmu di tower jaringan, namun porsinya sebanding dengan banyak pekerjaan di dalam lapangan.

3. Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Seimbang

Salah satu alasan menarik mengapa TKJ banyak dipilih adalah karena jumlah muridnya yang kebanyakan seimbang antara laki dan perempuan. Tidak seperti kelas lainnya di jurusan SMK, kelas di TKJ cenderung seimbang dengan tugas kerja yang ringan.

4. Prestasi Belajar Sukses Besar

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja TKJ (Teknik Komputer Jaringan) Dan Gajinya

Belajar di TKJ akan membuatmu sukses besar. Pasalnya, jurusan ini tidak sulit untuk dipelajari dan dijamin tidak akan menyulitkanmu selama masa penilaian, entah itu UAS, ujian praktek, atau tugas presentasi.

5. Melek Teknologi

Belajar di jurusan ini tentu membuatmu semakin melek teknologi. Seperti yang Kamu tahu, banyak masyarakat di zaman serba digital ini masih belum bisa menguasai teknologi. Nah untuk Kamu anak jurusan ini, Kamu bisa paham teknologi dan bukan tidak mungkin untuk mengajarkannya ke orang-orang di sekeliling.

6. Saingannya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Alasan memilih jurusan TKJ yang paling mainstream adalah karena jurusan ini bisa dibilang ‘rival’ RPL. Hal ini terjadi karena TKJ dan RPL sama-sama membuat Kamu paham akan arus perkembangan teknologi yang terjadi di dunia ini.

Baca Juga:  Mengenal Mata Pelajaran TKJ (Teknik Komputer Dan Jaringan) Di SMK

7. Bisa Jadi Network Engineer

Menjadi seorang ahli TKJ tentu membuka kesempatan kerjamu di banyak tempat. Salah satu jabatan yang bisa Kamu incar adalah network engineer dimana Kamu bisa belajar tentang hardware beserta seluk-beluknya.

8. Belajar Programming

Di TKJ, Kamu juga akan belajar programming. Selain pandai mengutak-atik software, Kamu juga harus mampu membuat program-program di komputer hingga bisa disebut programmer.

9. Banyak Peluang Kerja

Seperti yang sudah dicontohkan, ada banyak prospek kerja yang bagus untuk jurusan satu ini. Jadi Kamu tidak perlu khawatir dan susah dengan nasib bangsa ini.

10. Bisa Berwirausaha

Terakhir, Kamu bisa menjadi seorang wirausaha meski mengambil jurusan ini. pasalnya, TKJ akan membekali dirimu dengan banyak skill yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Demikian ulasan tentang 10 alasan memilih jurusan TKJ. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *