Peluang Atau Prospek Kerja TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja TKJ (Teknik Komputer Jaringan) Dan Gajinya

Jurusan yang memiliki peluang kerja lebih besar ketika lulus nantinya selalu menjadi jurusan yang banyak diminati. Salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat di SMK adalah Teknik Komputer Jaringan atau TKJ. Lalu, apa saja peluang kerja bagi para lulusan TKJ? Berikut beberapa pekerjaan yang menjadi peluang atau prospek kerja TKJ beserta kisaran gajinya.

1. Teknisi Komputer

Teknisi komputer adalah profesi yang sangat dibutuhkan mengingat saat ini hampir seluruh sektor pekerjaan menggunakan komputer dan komputer-komputer tersebut membutuhkan para teknisi untuk perawatan dan perbaikannya. Kisaran gaji seorang teknisi komputer adalah Rp.2.500.000-Rp.3.500.000.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan TKJ Bagi Yang Bingung Mau Pilih Apa

2. Desainer Grafis

Seorang lulusan TKJ juga bisa bekerja sebagai desainer grafis. Bidang kerjanya adalah membuat visual yang menarik dari sebuah konten. Kisaran kerja seorang desainer grafis adalah Rp.3.500.000-Rp.5.000.000.

3. Teknisi Jaringan

Pekerjaan seorang teknisi jaringan adalah untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan jaringan atau network, seperti WiFi, kabel telepon, atau instalasi jaringan lain. Kisaran gaji seorang teknisi jaringan adalah Rp.3.500.000.

4. Administrasi Server

Pekerjaan administrasi server atau admin server adalah untuk mengawasi, mengelola, serta mengamankan suatu komputer server. Prosedur penggunaan komputer server sendiri tentunya berbeda dengan komputer biasa. Kisaran gaji seorang admin server adalah Rp.3.000.000.

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

5. Customer Service

P eluang atau prospek kerja TKJ selanjutnya adalah customer service. Saat ini customer service juga banyak bekerja dengan menggunakan layanan digital seperti e-mail dan internet, sehingga banyak membutuhkan lulusan TKJ. Kisaran gaji seorang customer service adalah Rp.2.800.000.

6. Programmer

Programmer adalah orang yang bekerja untuk berbagai hal yang berhubungan dengan bahasa pemrograman dalam komputer. Dengan menguasai bahasa pemrograman, programmer juga bisa membuat software atau website. Kisaran gaji seorang programmer adalah Rp.3.000.000-Rp.6.000.000.

7. System Analyst

System analyst adalah orang yang bidang pekerjaannya yaitu berbagai hal yang berkaitan dengan analisa suatu sistem. Hasil analisa sistem ini nantinya akan digunakan oleh seorang programmer. System analyst juga harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem yang hendak dirancang. Kisaran gaji seorang system analyst adalah Rp.5.000.000.

Baca Juga:  10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKJ Yang Perlu Kamu Tau

8. Web Designer

Seorang web designer bertugas untuk merancang sebuah web dengan tampilan dan konten yang menarik dan dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web. Kisaran gaji untuk seorang web designer adalah Rp.3.500.000-7.500.000.

9. Data Entry

Pekerjaan seorang operator data entry adalah mengurus hal-hal yang berkaitan dengan sistem operasional, misalnya input dan output sebuah sistem. Kisaran gaji seorang data entry adalah Rp.3.000.000-Rp.5.000.000.

10. Pengusaha Warung Internet

Meskipun tampak seperti usaha kecil, namun pendapatan yang Kamu dapatkan bisa cukup besar dengan membuka usaha ini. Dengan estimasi biaya per jam Rp.3000, maka dengan 10 komputer yang beroperasi 16 am per hari Kamu bisa mendapat penghasilan kotor Rp.14.400.000.

Baca Juga:  Mengenal Mata Pelajaran TKJ (Teknik Komputer Dan Jaringan) Di SMK

Itulah beberapa peluang atau prospek kerja TKJ beserta kisaran gajinya untuk menjadi referensi Kamu. Semoga ulasannya bermanfaat ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *