Alasan Memilih Jurusan RPL

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan RPL Bagi Yang Bingung Mau Pilih Apa

Ketika memutuskan untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan, Kamu bisa memilih berbagai jurusan yang ada. Salah satu jurusan yang cukup diminati di SMK adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL. Berikut 10 alasan memilih jurusan RPL untuk menjadi pertimbangan Kamu.

1. Peluang Kerja Sangat Banyak

Salah satu alasan utama sebuah jurusan diminati adalah dari peluang kerjanya. RPL termasuk jurusan dengan peluang kerja cukup banyak. Kamu bisa menjadi programmer, software engineer, dan banyak posisi pekerjaan lain.

2. Dibutuhkan Di Hampir Semua Perusahaan

Hampir setiap industri atau perusahaan pasti membutuhkan seorang yang ahli dalam bidang IT atau komputer. Para lulusan RPL merupakan ahlinya untuk posisi-posisi pekerjaan ini.

Baca Juga:  Mengenal Mata Pelajaran RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Di SMK

3. Bisa Bekerja Sendiri

Peluang kerja lulusan RPL bukan hanya di perusahaan saja. Kamu juga bisa membuka lapangan kerja sendiri, misalnya dengan mengembangkan website atau program komputer dan menjualnya.

4. Masa Depan Karir Masih Panjang

Saat ini perkembangan teknologi masih terus berkembang dengan sangat pesat. Ini merupakan salah satu bukti bahwa lulusan RPL masih akan terus dibutuhkan hingga bertahun-tahun mendatang.

5. Pekerjaan Lebih Santai

Bidang-bidang pekerjaan bagi para lulusan RPL merupakan bidang pekerjaan yang tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Kamu bisa bekerja hanya dengan duduk dari balik meja dan didepan komputer dalam ruangan ber-AC.

6. Menjadi Orang Yang Paham Teknologi

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Dan Gajinya

Alasan memilih jurusan RPL selanjutnya adalah karena dari jurusan ini Kamu akan banyak belajar mengenai teknologi. Orang yang lebih paham seputar teknologi tentu akan lebih mudah dalam menjalani hidup yang saat ini serba menggunakan teknologi.

7. Bisa Bekerja Dari Rumah

Pekerjaan-pekerjaan yang menjadi bidang dari lulusan RPL adalah pekerjaan yang memungkinkan Kamu untuk mengerjakannya dari rumah, terlebih saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan remote working.

8. Bisa Memberi Kemudahan Untuk Banyak Orang

Salah satu tugas dari para lulusan RPL adalah merancang dan mengembangkan berbagai software. Software yang Kamu buat ini bisa memudahkan pekerjaan banyak orang nantinya, sehingga secara tidak langsung Kamu telah membantu banyak orang melalui program komputer yang Kamu kembangkan.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Dan Gajinya

9. Gaji Yang Cukup Besar

Berbagai bidang pekerjaan yang berkaitan di bidang IT saat ini banyak dibutuhkan. Perusahaan-perusahaan tersebut juga menetapkan gaji yang cukup besar untuk berbagai posisi pekerjaan yang berkaitan dengan bidang IT.

10. Mengasah Kemampuan Berpikir

Berbagai materi pelajaran di jurusan ini serta bahasa pemrograman merupakan hal-hal yang membutuhkan kecerdasan matematis. Ini secara tidak langsung akan mengasah kemampuan berpikir Kamu dan meningkatkan kemampuan matematis.

Itulah 10 alasan memilih jurusan RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak yang bisa menjadi pertimbangan Kamu untuk memasuki jurusan ini di Sekolah Menengah Kejuruan. Semoga artikel ini bermanfaat buat Kamu ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *