Peluang Atau Prospek Kerja RPL

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Dan Gajinya

Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL merupakan salah satu jurusan yang banyak ditemui di berbagai jurusan SMK. Lulusan RPL juga memiliki peluang kerja yang cukup besar dan beragam. Berikut 10 peluang atau prospek kerja RPL untuk menjadi referensi bagi Kamu.

1. Developer IT

Pekerjaan Developer IT adalah untuk mengembangkan software-software sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari klien yang memintanya. Software-software tersebut misalnya software game atau software untuk bisnis. Kisaran gaji seorang developer IT adalah Rp.5.000.000.

2. Programmer

Programmer adalah orang yang bekerja untuk membuat sebuah program atau software komputer tertentu untuk memudahkan suatu pekerjaan. Programmer merupakan pekerjaan yang pasti dibutuhkan di hampir seluruh perusahaan. Kisaran gaji seorang programmer adalah Rp.6.000.000.

Baca Juga:  Mengenal Mata Pelajaran RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Di SMK

3. IT Konsultan

Salah satu bidang pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini adalah IT konsultan. SebagaI IT konsultan, Kamu akan berperan mulai dari proses perancangan hingga evaluasi suatu penerapan IT pada sebuah perusahaan. Kisaran gaji seorang IT konsultan adalah Rp.9.000.000.

4. System Analyst

System analyst adalah orang yang bidang pekerjaannya yaitu berbagai hal yang berkaitan dengan analisa suatu sistem. Hasil analisa sistem ini nantinya akan digunakan oleh seorang programmer. System analyst juga harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem yang hendak dirancang. Kisaran gaji seorang system analyst adalah Rp.5.000.000.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan RPL Bagi Yang Bingung Mau Pilih Apa

5. Database Engineer

Peluang atau prospek kerja RPL yang saat ini juga terbuka lebar adalah menjadi database engineer. Ia adalah orang yang bertugas untuk membuat desain serta memonitor suatu database yang cukup kompleks. Kisaran gaji seorang database engineer adalah Rp.5.000.000.

6. Web engineer

Web engineer adalah orang yang bertugas untuk merancang serta membangun sebuah website. Ia juga bertanggung jawab atas layanan dan kemudahan dari website tersebut. Kisaran gaji seorang web engineer adalah Rp.5.000.000.

7. Game Developer

Game developer merupakan bidang pekerjaan yang mengkhususkan orang tersebut untuk merancang dan membuat sebuah software khusus game atau permainan. Kisaran gaji seorang game developer adalah Rp.6.000.000.

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Di SMK

8. Data Communication Engineer

Data communication engineer atau sering juga disebut computer network adalah pekerjaan untuk merancang jaringan komputer hingga perawatan dan pengelolaan jaringan tersebut untuk suatu instansi atau perusahaan. Kisaran gaji seorang data communication engineer adalah Rp.8.000.000.

9. Intelligent System Developer

Software-software yang harus dirancang dan dikembangkan oleh seorang intelligent system developer adalah software-software yang khusus berkaitan dengan intelijen, misalnya image recognizer. Kisaran gaji seorang intelligent system developer adalah Rp.6.000.000.

10. Software Tester

Software tester merupakan bidang pekerjaan dimana Kamu akan memiliki peran khusus untuk menguji sebuah software atau perangkat lunak. Kisaran gaji seorang software tester adalah Rp.5.000.000 hingga Rp.10.000.000.

Baca Juga:  10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK RPL Yang Perlu Kamu Tau

Itulah 10 peluang atau prospek kerja RPL untuk menjadi referensi Kamu. Semoga ulasannya bermanfaat ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *