Pilih SMA Atau MA

Image: canva.com

Pilih SMA Atau MA? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Kamu

Jenjang pendidikan lanjutan 12 tahun program belajar harus direalisasikan demi menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki wawasan dan pendidikan tinggi. Nah, buat Kamu yang tengah menghadapi ujian nasional, pasti sudah memiliki angan-angan mau melanjutkan sekolah di mana, bukan? Ah, masih galau mau pilih SMA atau MA? Yuk, simak pertimbangan berikut ini!

Alasan Memilih SMA Dibandingkan Memilih MA Untuk Sekolah Lanjutanmu

Sebenarnya semua orang berhak menentukan sekolah lanjutan sesuai keinginan. Kamu juga berhak pilih SMA atau MA namun tetap pertimbangkan beberapa hal terkait kelebihan SMA dibandingkan sekolah menengah lain. Berikut 5 alasan memilih SMA yang harus Kamu pertimbangkan.

1. Mempelajari Materi Secara Umum

Namanya juga SMA yang lebih membahas materi umum sesuai standar kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Sebagai anak SMA, Kamu akan mempelajari semua pelajaran secara garis besar untuk menentukan mana jenis pelajaran yang paling Kamu sukai.

Baca Juga :  Perbedaan SMA Dan SMK Yang Perlu Kamu Tahu

2. Memiliki Penjurusan Di Kelas XI

Setelah melewati masa penyesuaian di kelas X, Kamu akan menentukan jurusan mana yang dipilih seperti IPA atau IPS. Selain itu, ada pula jurusan peminatan di bidang Ilmu Bahasa untuk Kamu yang suka bidang ilmu ini. Jurusan sangat mempengaruhi prospek karir Kamu termasuk menentukan pendidikan tinggi nantinya.

3. Memiliki Kesempatan Mengembangkan Prestasi Secara Maksimal

Kamu bisa mempelajari semua cakupan ilmu sehingga bisa memiliki kesempatan mengembangkan kreativitas dan prestasi. Banyak sekali anak SMA yang berhasil meraih juara kompetisi akademik tingkat nasional atau internasional.

4. Memiliki Peluang Besar Masuk PTN Ternama

Sebenarnya hal ini bukan patokan namun SMA yang memiliki akreditasi A biasanya lebih besar berpeluang lolos SNMPTN. Hal ini berdasarkan kuota masuk SNMPTN untuk SMA akreditasi A bisa mencapai 50 persen lho!

5. Biaya Yang Lebih Ringan

Kelebihan ini juga opsional tergantung SMA yang Kamu pilih merupakan SMA favorit atau SMA swasta. Namun, biaya SMA negeri cenderung lebih murah sebab Kamu tidak perlu membayar biaya pangkal yang mahal seperti bersekolah di SMA atau MA swasta.

Baca Juga :  Cara Ikut Ujian Kejar Paket C Dan Biaya Yang Dibutuhkan

Alasan Memilih MA Dibandingkan Memilih SMA Untuk Sekolah Lanjutanmu

1. Memiliki Cakupan Ilmu Agama Yang Lebih Luas

Berada dibawah naungan Kemenag, Madrasah Aliyah atau Ma memiliki cakupan ilmu agama yang lebih dalam seperti Fiqh, Al-qur’an dan Hadist dan lain-lain. Buat Kamu yang ingin memperdalam ilmu agama, wajib memilih MA dibandingkan SMA.

2. Memiliki Lingkungan Sekolah Yang Positif

Sebenarnya semua hal tergantung anak didik tetapi Kamu berpotensi menjadi pribadi yang lebih baik. Pasalnya, MA merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengedepankan visi misi berdasarkan landasan agama.

3. Memiliki Prestasi Tak Kalah Memukau

Anak-anak MA juga memiliki banyak prestasi tak kalah memukau dibandingkan anak SMA kok. Jadi, Kamu tak perlu merasa minder kalau memilih sekolah di MA. Toh, MA juga memiliki penjurusan yang hampir sama dengan SMA lho!

Baca Juga :  Pekerjaan Lulusan SMA Yang Pas Buat Kamu Jika Tidak Kuliah, Ada 10

4. Membentuk Karakter Dan Pribadi Lebih Kuat Berdasarkan Agama

Ada banyak kegiatan yang diselenggarakan sekolah berbasis agama Islam yang bisa membentuk anak didik lebih berkarakter dan berkepribadian kuat. Tentu menyeimbangkan semua ilmu dengan dasar IPTEK tanpa mengabaikan IMTAQ akan membuat lulusan MA lebih berkualitas.

5. Memiliki Biaya Yang Ringan

Sama seperti SMA, biaya sekolah di MA juga relatif tergantung sekolah yang Kamu pilih. Tetapi, ada MA yang menerapkan biaya ringan termasuk beasiswa dari pemerintah atau lembaga donor lain baik MAN atau MA swasta.

Tentu semua keputusan ada di tangan Kamu atas pertimbangan orangtua ya! Pilih SMA atau MA bisa Kamu diskusikan dengan orangtua atau guru bimbingan konseling di sekolah Kamu ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *