Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Investasi Asing

Image: canva.com

Seberapa Penting Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Investasi Asing Di Indonesia?

Negara berkembang seperti Indonesia pasti memiliki banyak masalah, salah satunya adalah pembangunan ekonomi. Namun di Indonesia, memiliki keterbatasan biaya dalam melaksanakan pembangunan ekonomi tersebut untuk itu Indonesia perlu menarik investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Dapat dikatakan bahwa penanaman modal atau investasi asing dapat menutupi keterbatasan pembiayaan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

Penanaman modal asing dapat dikatakan sebagai investasi jangka panjang dan dapat membantu negara yang sedang berkembang. Menurut ahli Sarwedi (2002) ia menjelaskan bahwa Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan dana yang besar untuk menjalankan pembangunan nasional, karena Indonesia masih mencari dana untuk pembangunan dalam upaya menyetarakan pembangunan di berbagai sektor dari negara maju, di tingkat regional maupun global. Menurut teori Karl Marx tentang pertumbuhan ekonomi dalam teorinya ia mengemukakan berdasarkan sejarah perkembangan masyarakat dimana perkembangan masyarakat itu melalui lima tahap yaitu masyarakat komunal, masyarakat perbudakan, masyarakat feudal, masyarakat kapitasilis, dan masyarakat sosioalis.

Baca Juga :  Semakin Dekat Bonus Demografi, Bagaimana Peluang Perekonomian RI ?

Modal asing sangat membantu dalam mengurangi permasalahan neraca pembayaran dan tingkat inflasi, jadi akan berdampak memperkuat sektor usaha negara dan sektor usaha swasta domestik (Zaenuddin, 2009). Pertumbuhan ekonomi dapat dikatakan sebagai salah satu ukuran dalam kesejahteraan ekonomi suatu negara. Produk Domestik Bruto(PDB) yang menjadi landasan perhitungan pertumbuhan ekonomi menggambaran sehat atau tidaknya perekonomian suatu negara. Pertumbuhan ekonomi yang baik tentunya akan membuat investor tertarik untuk berinvestasi di suatu negara tersebut.

Berdasarkan teori serta penelitian terdahulu, dapat dikatakan bahwa investasi asing langsung ialah pihak asing atau luar negeri yang menanamkan modalnya untuk kepentingan jangan panjangan di suatu negara. Nilai probabilitas signifikansi pertumbuhan ekonomi adalah sebesar 0,012<0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa variabel pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap investasi langsung. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pertumbuhan ekonomi disuatu negara maka semakin tinggi tingkat penanaman modal asing.

Baca Juga :  Berhasil, Kementrian Pertanian Mempercepat Investasi Peternakan

Pertumbuhan ekonomi merupakan faktor penting dalam perkembangan investasi asing dalam menarik kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di suatu negara. Sesuai dengan teori the output and market size hypothesis, investasi asing yang masuk ke suatu negara bergantung dari output perusahaan asing tersebut, besarnya ukuran pasar dari suatu negara diukur berdasarkan Produk Domestik Brutonya. Menurut teori John Dunning ia menyatakan bahwa hal lain yang memberikan pengaruh terhadap penanaman modal asing ialah internalisasi yang merupakan kekuatan internal perusahaan multinasional yang berupa stabilitas politik negaranya, perekonomian, modal, tenaga kerja handal, tekonologi serta inovasi.

Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif antara pertumbuhan ekonomi dengan investasi asing. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang dilihat dari PDB, maka Indonesia dapat dianggap mampu dan memiliki daya asing ekonomi yang baik, serta dipercaya oleh investor untuk menanamkan uangnya di Indonesia. Perlunya perhatian yang lebih dari pemerintah untuk dapat menarik investor karena dapat disimpulkan bahwa penanaman modal asing di Indonesia sangat penting, karena dapat membantu proses pembiayaan dalam pembangunan ekonomi serta dapat mengurangi problem neraca pembayaran dan tingkat inflasi. Investasi asing mampu memberikan kontribusi yang sangat baik bagi perkembangan PDB dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga :  10 Tips Ampuh Mendapatkan Nilai Cumlaude Saat Kuliah

Kiriman artikel dari:
Dewi Embun Dzultawakal (dewi*********@*mail.com)
Mahasiswa Administrasi Keuangan dan Perbankan, Universitas Indonesia





About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *