Gaji Konsultan IT

Image: canva.com

Perkiraan Gaji Konsultan IT Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Salah satu profesi di bidang IT yang bisa Kamu pilih adalah menjadi seorang konsultan IT. Seiring dengan perkembangan di bidang teknologi dan informasi, profesi ini menjadi salah satu yang banyak dicari, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang akan memasuki dunia digital. Tidak heran jika gaji konsultan IT termasuk tinggi seiring dengan tingginya permintaan akan keahlian di bidang ini.

Untuk bisa menjadi konsultan di bidang IT, Kamu bisa mengambil pendidikan yang mempelajari teknologi informasi. Jurusan linier yang terkait dengan profesi ini di antaranya adalah jurusan matematika, ilmu komputer, sistem informasi, dan teknik informatika.

Baca Juga:  10 Tugas Konsultan IT Yang Perlu Kamu Pahami Sebagai Referensi

Meskipun ada jurusan linier yang bisa Kamu pilih untuk bisa berkarir sebagai seorang konsultan IT, tidak menutup kemungkinan Kamu yang berasal dari luar jurusan IT bisa memilih karir ini. Selama Kamu memiliki kemampuan yang sesuai, Kamu yang berasal dari jurusan manapun bisa mengembangkan karir di bidang ini.

Apa keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang konsultan IT? Ada dua jenis keahlian yang harus Kamu miliki jika Kamu ingin berkarir sebagai konsultan IT, yaitu :

1. Hard skills, yang meliputi :

  • Penguasaan bidang matematika
  • Penguasaan bidang informatika
  • Penguasaan pemrograman
Baca Juga:  Apa Itu Konsultan IT? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Konsultan IT

2. Soft skills, yang meliputi :

  • Kemampuan analisis
  • Kemampuan memecahkan masalah
  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan evaluasi sistem

Kamu sudah tahu bekal kemampuan apa saja yang harus Kamu miliki jika tertarik menekuni profesi ini. Selanjutnya Kamu juga perlu tahu tugas dan tanggung jawab seorang konsultan IT.

Gaji konsultan IT tidak bisa dibilang sedikit. gajinya yang tinggi juga sebanding dengan tugas dan tanggung jawabnya. Seorang konsultan IT bertugas melakukan analisa masalah dan juga kebutuhan dari klien. Dari analisa yang dilakukan, Kamu bisa memberikan saran dan rekomendasi sistem informasi yang sebaiknya dimiliki klien tersebut.
Tidak hanya itu, Kamu juga perlu memastikan sistem atau perangkat yang Kamu rekomendasikan dapat digunakan dan berjalan dengan baik.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Konsultan IT Sebagai Pilihan Karir

Gaji Konsultan Di Bidang IT

Tugas dan tanggung jawab yang dijabarkan tersebut hanya sebagian dari peran seorang konsultan IT. Tanggung jawab yang besar sebanding dengan gaji yang didapatkan. Lalu, berapa gaji yang didapatkan seorang konsultan IT?

Seorang konsultan bidang IT di Indonesia rata-rata menerima gaji mulai dari Rp6.000.000 sampai dengan Rp13.000.000 per bulan. Seiring dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi, semakin tinggi pula gaji yang akan Kamu dapatkan. Ada pula perusahaan yang memberikan gaji yang lebih tinggi dari rerata tersebut. Sebut saja perusahaan teknologi, IBM, yang memberikan gaji kepada konsultan IT sebesar Rp14.000.000 per bulan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Konsultan IT Sebagai Pilihan Karir

Nominal gaji konsultan IT cukup besar bukan? Bahkan untuk konsultan yang masih junior dengan pengalaman sekitar 1-3 tahun, bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari profesi lainnya. Dari pembahasan ini, apakah Kamu semakin tertarik untuk menjadi konsultan IT?