Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Komputer

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Komputer Untuk Jenjang S1

Jurusan Ilmu Komputer saat ini memiliki banyak peminat lantaran prospek kerja yang menjanjikan. Selain itu, semakin berkembangnya teknologi membuat Ilmu Komputer banyak dibutuhkan berbagai perusahaan, baik luar negeri maupun lokal. Saking banyaknya peminat, jurusan Ilmu Komputer diselenggarakan berbagai perguruan tinggi, baik itu swasta maupun negeri. Biaya kuliah Ilmu Komputer sendiri berkisar antara Rp. 4 juta – Rp. 7 juta per semester.

Jurusan Ilmu Komputer

Setelah Kamu masuk jurusan Ilmu Komputer, maka Kamu akan mempelajari tentang komputasi, mulai dari perangkat keras atau hardware maupun perangkat lunak atau software. Ilmu Komputer sudah pasti mencakup berbagai hal mengenai komputer, seperti analisis abstrak algoritma sampai subjek yang lebih konkret dalam bahasa pemrograman. Tidak hanya itu, masih ada cakupan lain seperti perangkat lunak dan perangkat keras.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komputer Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Jurusan Ilmu Komputer berbeda dengan jurusan teknik informatika yang lebih menekankan pada sisi penerapannya. Jurusan Ilmu Komputer lebih fokus pada penggunaan ilmu sains dalam bidang komputer. Ilmu sains ini tentu disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin cepat karena adanya perubahan teknologi yang drastis. Oleh sebab itu, para ahli Ilmu Komputer sangat dibutuhkan di lapangan kerja dalam memenuhi kebutuhan manusia.

Berbicara mengenai prospek kerja pun jurusan Ilmu Komputer sangatlah mumpuni. Teknologi yang sangat maju ini mewajibkan banyak perusahaan merekrut lulusan Ilmu Komputer untuk menyelesaikan permasalahan terkait bidang komputer. Untuk bidang pekerjaan yang ditawarkan adalah programmer, web developer, dan IT consultant. Gaji yang ditawarkan melalui pekerjaan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Komputer Dan Gajinya

Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komputer

Perguruan tinggi negeri maupun swasta menyelenggarakan jurusan ini karena permintaan dari masyarakat yang semakin banyak. Biaya kuliah Ilmu Komputer biasanya disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing. Hal ini karena hampir seluruh perguruan tinggi menerapkan sistem UKT. Sebagai gambarannya mungkin Kamu bisa menyiapkan uang sebesar Rp. 5 juta – Rp. 7,5 juta per semester.

Namun, ada juga beberapa perguruan tinggi yang menerapkan kebijakan sendiri tentang biaya kuliah yang harus dikeluarkan. Entah itu akan bertambah dari sistem UKT yang ditetapkan atau justru berkurang. Anda juga bisa mencari beasiswa supaya tidak perlu membayar biaya kuliah. Banyak beasiswa yang ditawarkan untuk jurusan yang ditunggu banyak perusahaan nasional dan internasional ini.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komputer Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Nah, demikianlah perkiraan biaya kuliah jurusan Ilmu Komputer beserta selayang pandang mengenai jurusan dan prospek kerjanya. Jurusan Ilmu Komputer ini memiliki peluang yang sangat besar untuk bidang pekerjaan di masa depan. Mengingat kemajuan teknologi semakin hari semakin berubah drastis. Maka dari itu, segera persiapkan diri Kamu sebaik mungkin untuk bersaing di masa depan. Semoga informasi di atas dapat membantu Kamu ya meyakinkan pilihan jurusanmu.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *