Biaya Kuliah Hubungan Internasional

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Hubungan Internasional Untuk Jenjang S1

Biaya kuliah Hubungan Internasional bervariasi dan tergantung pada masing-masing universitas yang menyediakan jurusan ini. Seperti kita tahu bahwa setiap universitas memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan besarnya biaya kuliah. Jadi besarnya biaya bisa sangat berbeda.

Jaman sekarang, biaya kuliah memang bisa dibilang cukup tinggi. Untuk jenjang S1 saja biaya kuliah bisa mencapai belasan juta bahkan puluhan juta rupiah untuk jurusan tertentu di universitas tertentu. Apalagi untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, mungkin biaya yang dibutuhkan lebih besar.

Karena biaya kuliah yang semakin tinggi inilah kita harus mempersiapkan biaya sejak jauh-jauh haru. Dibutuhkan persiapan yang matang agar biaya kuliah bisa tercukupi dengan baik. Kamu harus mengumpulkan informasi yang lengkap seputar biaya kuliah untuk membantu persiapan biaya dari orang tua.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Hubungan Internasional Pada Jenjang S1

Jurusan Hubungan Internasional

Ada banyak sekali pilihan jurusan kuliah yang bisa Kamu temukan di Indonesia. Banyak pilihan universitas yang ada di Indonesia mulai dari universitas negeri dan swasta. Setiap universitas menawarkan pilihan jurusan yang berbeda-beda. Salah satunya yang populer adalah Hubungan Internasional.

Jurusan Hubungan Internasional, sesuai dengan namanya mempelajari mengenai hubungan suatu negara dengan negara-negara lainnya. Di dalamnya terdapat banyak sekali ilmu politik yang harus dipelajari. Tak heran jika jurusan ini banyak diminati oleh mereka yang tertarik dengan politik.

Hubungan Internasional menjadi salah satu pilihan jurusan yang populer karena jurusan ini termasuk jurusan ilmu yang keren dengan peluang kerja yang sangat baik. Selain itu, peluang kerja yang tersedia untuk lulusan Hubungan Internasional juga bisa mendapatkan gaji yang besar.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Hubungan Internasional Yang Bingung Kuliah

Biaya Kuliah

Prospek kerja yang baik ditambah peluang gaji yang besar tentu membuat jurusan ini begitu banyak diminati. Apalagi bagi pelajar yang belajar di jurusan IPS ketika SMA, jurusan Hubungan Internasional menjadi salah satu jurusan yang sangat difavoritkan.

Tapi bagaimana dengan biaya kuliahnya? Selain memikirkan peluang diterima dan peluang kerja setelah lulus kuliah, tentu Kamu juga harus memikirkan biaya kuliah yang dibutuhkan. Jurusan Hubungan Internasional menjadi salah satu jurusan bergengsi sehingga biaya kuliahnya juga tergolong tinggi.

Rata-rata biaya kuliah Hubungan Internasional yang harus dibayarkan untuk jenjang S1 adalah Rp 5 juta hingga Rp 8 juta per semester. Namun biaya ini abisa lebih murah dan lebih mahal tergantung kondisi dan peraturan yang ditetapkan oleh pihak universitas.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Hubungan Internasional Dan Gajinya

Untuk jenis universitas swasta, tentu saja biayanya bisa lebih besar dari universitas negeri. Biaya tersebut akan dibayarkan tiap semester karena sekarang sistem pembayaran uang kuliah menganut sistem UKT atau uang kuliah tunggal.

Itulah sedikit informasi mengenai biaya kuliah Hubungan Internasional. Bagi Kamu yang tertarik berkuliah di jurusan ini, silakan cari tahu lebih jauh dengan berkonsultasi langsung pada pihak universitas. Tanyakan berapa biaya yang dibutuhkan dan apakah ada keringanan biaya yang ditawarkan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *