Perkiraan Biaya Kuliah Filsafat

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Filsafat Untuk Jenjang S1

Apakah Kamu sering mendengar nama Aristoteles, Plato, Ibnu Arabi, dan Thomas Aquinas? Ya, mereka adalah filsuf terkenal sepanjang sejarah dan merupakan idola semua umat atas semua pemikirannya. Apabila Kamu kuliah jurusan Filsafat, tentu akan mendalami ideologi mereka secara lebih mendalam. Jurusan Filsafat sendiri tidak tanggung-tanggung, diselenggarakan oleh universitas terbaik di Indonesia. Nah, untuk biaya kuliah Filsafat sendiri biasanya disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga.

Jurusan Filsafat

Secara umum, Filsafat dikenal sebagai induk dari segala ilmu, baik itu kesehatan, hukum, matematika, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, proses belajar yang akan Kamu alami selama di kelas lebih kepada mempelajari tentang permasalahan dasar manusia dan hubungannya dengan realita kehidupan. Proses belajar yang seperti ini sangat berbeda dengan jurusan lain yang menekankan praktek dan lebih pragmatis.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Filsafat Dan Gajinya

Ilmu Filsafat itu bersifat abstrak. Maka dari itu, Kamu memerlukan pemahaman yang sangat mendasar dalam mempelajari esensi manusia, tujuan hidup, moralitas, dan hati nurani manusia. Hal-hal yang dipelajari ini menjadi kajian utama di jurusan Filsafat. Kelebihan orang yang mempelajari Filsafat ialah dapat mengambil keputusan tanpa berakhir dengan penyesalan, karena ia telah berupaya mempelajari permasalahan manusia.

Ilmu Filsafat juga sangat cocok bagi Kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan mendalam. Entah itu dalam mengetahui penciptaan alam semesta, penciptaan manusia, hakikat Tuhan, dan hakikat kehidupan manusia di dunia. Kemudian, Kamu juga bisa mempelajari cara berpikir logis, kritis, dan rasional dalam mencari kebenaran akan suatu ilmu pengetahuan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Filsafat Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Biaya Kuliah Filsafat

Pada beberapa universitas terbaik di Indonesia, biaya kuliah yang diterapkan ialah sistem uang kuliah tunggal yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing. Untuk UKT tertinggi yaitu berkisar antara Rp. 5 jutaan, maka apabila dihitung hingga lulus kuliah, Kamu wajib mengeluarkan uang sebesar Rp. 20 jutaan selama 4 tahun. Hal ini berlaku juga bagi perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan jurusan Filsafat.

Namun, biaya akhir tersebut belum dikalkulasikan dengan biaya tambahan lainnya seperti biaya pendaftaran dan tes masuk, daftar ulang per semester, hingga ujian proposal dan skripsi. Biaya printilan ini berlaku untuk perguruan tinggi swasta. Kalau perguruan tinggi negeri biasanya biaya ujiannya sudah disatukan dengan UKT.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Filsafat Dan Gajinya

Nah, demikianlah perkiraan biaya kuliah Filsafat dan selayang pandang mengenai jurusan Filsafat. Jurusan Filsafat ini cocok banget buat Kamu seorang pemikir dan pencari kebenaran, karena Kamu akan dituntun menjadi pribadi yang kritis, logis, dan rasional.

Biasanya, lulusan Filsafat dapat memecahkan masalah yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Maka tidak heran kalau lulusan ini dapat bekerja di lembaga pemerintahan, psikoterapis, dan jurnalis. Semoga informasi kali ini yang ada di atas bermanfaat ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *