Perbedaan Paper Dan Jurnal

Image: canva.com

Perbedaan Paper Dan Jurnal Yang Perlu Kamu Ketahui

Pernah mendengar yang namanya paper atau jurnal? Bagi Kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir atau tugas kuliah biasanya nggak asing. Terkadang dosen menyuruh mahasiswa untuk mereview jurnal atau paper. Sebernarnya apasih itu paper dan apa itu jurnal? Apa perbedaan paper dan jurnal?

Banyak yang menganggap artikel ilmiah itu jurnal. Dan paper itu hanya ulasan tertentu. Bahkan aku pernah disalahkan karena tugas mereview jurnal dan yang aku review dianggap sebagai paper. Agar nggak bingung kita akan jelaskan dari awal aja ya.

Sebuah hasil penelitian saat kuliah itu namanya tugas akhir, seperti skripsi, tesis dan disertasi. Setuju ya? Ada hasil penelitian yang dilaur tugas akhir kuliah, yaitu berbentuk artikel ilmiah. Artikel ilmiah ini merupakan penjelasan mengenai hasil penelitian baik mandiri, kelompok atau apapun yang dituliskan. Jelas ya sampai sini?

Baca Juga :  Jurnal Internasional MIPA Terakreditasi DIKTI Atau Terindek Scopus

Artikel ilmiah ini tentunya akan valid atau dipercaya oleh orang lain atau bisa digunakan untuk referensi penelitian lain jika dipublikasikan. Publikasi penelitian yang ada saat ini ada 2, melalui seminar (conference) baik nasional maupun internasional dan melalui publikasi jurnal nasional atau internasional.

Seminar (conference)

Artikel ilmiah yang kita seminarkan akan dikumpulkan semua dari setiap perserta dan di cetak layaknya buku yang dinamakan prosiding. Pernah dengar prosiding? Prosiding itu yang kumpulan banyak artikel ilmiah dari seminar (conference) baik nasional atau internasional.

Jurnal

Artikel ilmiah yang tidak dipublikasikan melalui seminar (conference) bisa dikirimkan ke redaksi jurnal tertentu untuk diterbikan. Artikel ilmiah yang dikirimkan tadi di kumpulkan dari banyak peneliti kemudian dibuat buku juga yang dinamakan jurnal ilmiah yang dilengkap no volume, no terbit dan tahun terbit. Sampai sini sudah jelas?

Baca Juga :  Jurnal Nasional MIPA Terakreditasi DIKTI Atau Terindek DOAJ

Jadi jurnal itu seperti publisher yang mempublikasi karya-karya ilmiah. Tentunya nggak semua artikel ilmiah ini diterima, ada namanya peer-review yang dilakukan oleh reviewer. Untuk menilai apakah layak penelitian ini diterbitkan atau tidak. Sampai sini sudah jelas?

Apa Itu Paper?

Paper itu ya nama lain artikel ilmiah. Kalau tadi ada namanya prosiding ya itu kumpulan dari paper-paper (artikel ilmiah-artikel ilmiah) dari seminar (conference). Atau kalau tadi ada jurnal itu ya kumpulan dari paper-paper (artikel ilmiah-artikel ilmiah). Paper itu ya artikel ilmiah itu atau satuan.

Jadi Apa Perbedaan Paper Dan Jurnal?

Jelas beda banget, paper itu ya artikel ilmiah bagian dari jurnal dan jurnal itu kumpulan dari paper-paper. Keduanya sudah jelas banget perbedaanya. Penting buat Kamu memahami ini jangan sampai salah.

Bagaimana Jika Kamu Ada Tugas Atau Syarat Daftar Pustaka Untuk Mencari 2 Jurnal (Misalnya)?

Baca Juga :  Jurnal Nasional Komputer Terakreditasi DIKTI Atau Terindek DOAJ

Mungkin maksudnya Kamu disuruh mencari paper (artikel ilmiah) bersumber dari jurnal buka dari prosiding seminar (conference). Mungkin maksudnya itu kali ya. Kalau masih bingung ya tanya ke yang pemberi tugas. Kalau sedandainya disuruh mereview 2 jurnal ya bisa klenger hehe.

Mana yang terbaik paper dari jurnal atau paper dari prosiding seminar (conference). Semua kembali ke reputasi jurnal atau seminar (conference). Makin bagus reputasinya maka makin bagus paper-papernya. Biasanya untuk prosiding seminar (conference) lebih terbuka dan dapat diakses semua orang, kalau jurnal biasanya ada yang gratis namun juga ada yang berbayar.

Sampai sini sudah jelas ya perbedaan paper dan jurnal? Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kamu. Selamat mengerjakan tugas dan cari-cari jurnal. Disini ada contoh jurnal yang isa Kamu akses.




About Edi Susilo

Mulai suka menulis tahun 2015 dan keterusan sampai sekarang. Ingin selalu menularkan hal-hal yang positif melalui artikel-artikel yang ditulis. Sampai sekarang masih terus belajar membuat artikel yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *