Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Image: canva.com

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara, Kedudukan Dan Fungsinya

Sejak berada di bangku sekolah dasar, kamu pasti sudah mengenal ilmu PKN yang mempelajari mengenai seluk beluk kewarganegaraan. Ya, Pancasila menjadi Kamusan dasar yang harus dikenalkan dan dipahami anak-anak sejak dini. Berasal dari bahasa Sansekerta yaitu panca yang bermakna lima dan sila yang bermakna prinsip, Pancasila sebagai dasar negara yang menduduki kedudukan tertinggi di Indonesia.

Sejarah Dan Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir Soekarno mengemukakan Pancasila sebagai rumusan dasar negara Indonesia. Pembentukan tim yang bertugas untuk merumuskan Pancasila tersebut akhirnya berhasil meresmikan Pancasila yang kita kenal sekarang sebagai lKamusan ideologi bangsa Indonesia pada tanggal 22 Juni 1945. Setiap sila yang dirumuskan berfungsi menata tatanan kehidupan bermsyarakat dan bernegara yang baik.

Baca Juga :  10 Contoh Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sila pertama merupakan lKamusan kehidupan beragama di Indonesia yang diatur guna mewujudkan kehidupan yang toleran dan menghargai setiap perbedaan. Sila kedua menunjukkan poin menjunjung kemanusiaan dan tidak berbuat semena-mena dengan orang lain. Persatuan Indonesia merupakan sila ketiga yang melambangkan poin rela berkorban demi bangsa dan negara Indonesia.

Sila keempat merupakan lKamusan setiap warga negara untuk melakukan musyawarah demi mencapai mufakat, tidak memaksakan kehendak dan memprioritaskan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau golongan. Sedangkan sila kelima merupakan dasar bagi warga negara untuk mewujudkan keadilan serta kehidupan yang menyeimbangkan hak dan kewajiban seluruh masyarakat Indonesia.

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara merupakan peran paling vital yang mencakup semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila menjadi dasar ketentuan dan peraturan ranah hukum yang mengatur kehidupan setiap warga negara di Indonesia. Segala hal yang dilakukan warga negara harus berlKamuskan Pancasila atau tidak boleh bertentangan dengan setiap rumusan sila yang ada.

Baca Juga :  Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Dan Contohnya

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Fungsi Pancasila sebagai dasar negara menjadi sebuah identitas bangsa Indonesia dan falsafah hidup masyarakat. Pancasila merupakan sumber hukum yang mengatur kehidupan masyarakat Indonesia yang baik dan beradab. Oleh sebab itu, apabila adak peraturan yang ditetapkan tidak sesuai dengan lKamusan Pancasila maka harus dicabut atau gugur.
Fungsi Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia yang tidak boleh diubah atau diselewengkan. Apabila ada kelompok tertentu yang berusaha mengubah lKamusan dasar negara Indonesia, wajib diberantas sebab telah mengganggu ketertiban hidup di Indonesia.

Contoh paling konkrit misalnya ada pihak tertentu yang berusaha mengganggu kenyamanan hidup beragama di Indonesia dengan merusak tempat ibadah, mengganggu kenyamanan umat lain yang tidak seagama atau sealiran, menyebarkan hoak dan lain-lain harus segera diproses hukum. Indonesia merupakan negara yang mengutamakan kepentingan nasional dengan menghormati setiap perbedaan baik suku, agama, ras dan adat istiadat.

Baca Juga :  Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Dan Contohnya

Tunjukkan pemahaman diri mengenai Pancasila sebagai dasar negara yang harus dijunjung tinggi. Kamu harus menjadi pribadi yang kuat, tidak mudah termakan hoak atau hasutan dari pihak lain dan mewujudkan kehidupan yang saling menghormati atau toleran. Yuk, jadikan Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia yang telah diperjuangkan para pahwalan kita!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *