Pengertian OSIS

Image: canva.com

Pengertian OSIS, Fungsi OSIS, Tujuan OSIS, Dan Tugas OSIS

Pengertian OSIS sebaiknya dipahami dengan baik oleh semua siswa sekolah. OSIS merupakan kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini berada di tingkat sekolah dan dibentuk di sekolah menengah yaitu SMP dan SMA. Organisasi ini menjadi wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu.

Organisasi ini terdiri dari susunan kepanitian yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, kemudian seksi-seksi lainnya. Setiap jabatan di dalam OSIS memiliki tugas masing-masing. Kepengurusan OSIS memiliki masa kerja yang terbatas yaitu selama satu tahun dan akan diperbaharui lagi.

Fungsi OSIS

Mengapa harus ada OSIS di sekolah? OSIS merupakan sebuah wadah yang memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa. Selain itu, OSIS juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa.

Baca Juga :  Alasan Masuk OSIS Yang Tepat Dan Menyakinkan, Ada 10 Nih!

OSIS juga bisa berfungsi sebagai pencegah. Pencegah di sini maksudnya adalah mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa. Dengan adanya OSIS maka siswa bisa memiliki kegiatan yang positif yang bisa memaksimalkan kemampuan dan kreativitas mereka.

Tujuan OSIS

Apa sebenarnya tujuan OSIS? Mari kita lihat lagi pengertian OSIS, OSIS merupakan organisasi intra sekolah yang artinya organisasi ini dibentuk di dalam sekolah, beranggotakan siswa di sekolah, dibina oleh guru di sekolah, dan bekerja demi kebaikan sekolah.

OSIS bertujuan memfasilitasi para siswa untuk menyalurkan aspirasinya, mengekspresikan kreativitasnya, dan berkontribusi untuk hal-hal yang positif. OSIS memiliki tujuan yang positif bagi seluruh siswa di sekolah yang artinya akan memberikan pengaruh positif juga bagi sekolah itu sendiri.

Baca Juga :  Contoh Kumpulan Visi Dan Misi Calon Ketua OSIS SMP, SMA Dan SMK

Selain itu, ada lagi tujuan OSIS yang perlu Kamu tahu. OSIS bertujuan memaksimalkan potensi siswanya sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri juga sekolah. Selain itu, OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam bersosialisasi dan berorganisasi.

Tugas OSIS

Lantas tugas apa sebenarnya yang harus dijalankan oleh OSIS? OSIS bertugas untuk mengendalikan aktivitas siswanya sehingga lebih terarah dan lebih positif. Selain itu, semua orang yang terlibat dalam kepengurusan OSIS juga memiliki tugas masing-masing yang spesifik sesuai dengan jabatan yang dibagikan.

Setiap orang yang terlibat di dalam kepengurusan OSIS memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan. Selain semua siswa yang terlibat dalam kepengurusan OSIS, ada pembina yang bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan OSIS. Salah satu guru akan dipilih untuk menjadi pembina dan mengawasi jalannya OSIS.

Baca Juga :  Contoh Program Kerja OSIS SMP, SMA, dan SMK Lengkap Nih!

Itulah tadi sedikit informasi seputar pengertian OSIS, fungsi OSIS, tujuan OSIS, dan tugas OSIS. Ada begitu banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan kalau Kamu bergabung dengan kepengurusan OSIS. Paling tidak, Kamu harus pernah memiliki pengalaman bergabung dengan OSIS walaupun hanya dalam satu periode.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *