Mata Pelajaran Yang Diujikan Pada Ujian Nasional

Image: canva.com

Mata Pelajaran Yang Diujikan Pada Ujian Nasional (UN) (SD, SMP, SMA)

Ujian Nasional (UN) merupakan sistem evaluasi pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. UN ini dilaksanakan pada tiga jenjang sekolah, yaitu SD, SMP, dan SMA. Nah, untuk mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional ini berbeda-beda, mulai dari SD tiga mata pelajaran, SMP empat mata pelajaran, dan SMA enam mata pelajaran tergantung jurusannya. Penjelasan mengenai mata pelajaran apa saja yuk simak uraian di bawah ini.

1. Bahasa Indonesia

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Masuk SMP Dan Biaya SPP SMP Sederajat

pelajaran Bahasa Indonesia diujikan pada UN jenjang SD, SMP, dan SMA. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran utama. Mata pelajaran ini diujikan karena menjadi bahasa resmi serta pemersatu bangsa Indonesia. Oleh sebab itulah Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib diujikan pada Ujian Nasional.

2. Matematika

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib diujikan juga pada pendidikan dasar jenjang SD, SMP, dan SMA. Pengujian mata pelajaran matematika ditujukan agar siswa mampu berpikir kritis dan mampu mencari kebenaran suatu hal dengan menggunakan sistem deduksi yang ketat. Dalam mata pelajaran matematika, Kamu akan mempelajari hal-hal seperti besaran, struktur, ruang, dan perubahan.

Baca Juga:  Pekerjaan Lulusan SMA Yang Pas Buat Kamu Jika Tidak Kuliah, Ada 10

3. Bahasa Inggris

Pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional lainnya ialah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris wajib diujikan karena menjadi salah satu bahasa pengantar di dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama di beberapa negara. Itulah alasan wajibnya mata pelajaran Bahasa Inggris masuk ke dalam Ujian Nasional. Namun, mata pelajaran ini hanya ditujukan untuk jenjang SMP dan SMA saja.

4. Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu alam atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) juga menjadi mata pelajaran yang wajib diujikan pada Ujian Nasional. IPA hanya berlaku untuk SD dan SMP, karena untuk SMA tergantung dengan jurusan apa yang diambil siswa. Di dalam mata pelajaran IPA, Kamu tentunya akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan alam karena objeknya juga benda-benda dalam.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Masuk SD Dan Biaya SPP SD Sederajat

5. Mata Pelajaran Penjurusan

Khusus untuk pendidikan dasar SMA sederajat ada mata pelajaran penjurusan yang wajib diujikan saat Ujian Nasional. Untuk jurusan IPA ada Kimia, Fisika, dan Biologi, jurusan IPS ada Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi, jurusan Bahasa ada Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing Pilihan.

Jurusan Keagamaan ada Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits, dan Fiqih, jurusan agama Katolik ada Kitab Suci, Doktrin Gereja Katolik dan Moral Kristen, dan Liturgi, jurusan Teologi Kristen ada Ilmu Pengetahuan Alkitab, Etika Kristen, atau Sejarah Gereja, dan jurusan Keagamaan Hindu ada Wada, Etika atau Itihasa.

Baca Juga:  10 Hal ini Harus Jadi Pertimbangan Memilih Jurusan IPA Atau IPS di SMA

Demikianlah mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional jenjang SD, SMP, dan SMA. Ketika Kamu sudah mengetahui mata pelajaran apa saja mungkin bisa segera dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Selamat belajar!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *