Mata Kuliah Statistika

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Statistika Untuk Jenjang S1

Di zaman serba teknologi ini, komputer dan segala aplikasinya menjadi raja di segala bidang pekerjaan. Selain memudahkan, adanya komputer dan programnya membuat tugas manusia yang perlu waktu bertahun-tahun dilakukan jadi bisa disingkat dalam beberapa jam saja, misalnya mengumpulkan data. Untuk itulah kini mata kuliah statistika menjadi salah satu mata kuliah favorit calon mahasiswa.

Pekerjaan sebagai ahli statistika menjadi impian banyak anak muda. Pasalnya, mulai dari ahli big data, data mining, hingga data analyst memiliki gaji yang relatif menggiurkan. Dan tentunya untuk mencapai posisi tersebut, Kamu harus memegang titel sebagai ahli statistik dahulu. Caranya? Tentu masuk ke dalam program studi statistika.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Statistika Dan Gajinya

Prodi satu ini adalah cabang ilmu matematika yang memberi pelajaran tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan juga menginterpretasi data. Selain itu, Kamu juga akan diajari tentang teknik dan metode yang lebih kompleks terkait jurusan ini. Nah, salah satu instansi pemerintah yang sangat erat berkaitan dengan prodi statistik adalah BPS alias Badan Pusat Statistik.

Statistika menjadi satu dari beberapa ilmu yang memiliki bidang konsentrasi yang lumayan banyak. Total, ada 4 peminatan yang bisa Kamu ambil di jurusan ini. Namun sebelum itu, berikut ini ada 10 mata kuliah statistika, yakni:

1. Metode Statistika

Di ilmu ini, Kamu akan diajari tentang metode statistika berupa cara mengumpulkan data dan juga cara pengolahan dan penyajiannya.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Statistika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

2. Kalkulus

Cabang ilmu ini merupakan bagian dari matematika yang mencakup tentang limit, integral, turunan, dan juga deret tak terhingga.

3. Pengantar Big Data

Cabang ini mengajari calon mahasiswa terkait big data dan cara penanganannya.

4. Pemograman

Cabang satu ini akan mengajari Kamu cara menulis, menguji, dan juga debug dalam suatu program komputer.

5. Analisis Data

Tidak hanya diajari tentang metode statistika dan big data, Kamu juga akan diajari tentang analisis data dengan berbagai tekniknya. Salah satu contohnya adalah analisis regresi.

6. Pengantar Statistika

Ilmu yang mempelajari tentang segala hal-hal dasar statistika ini menjadi salah satu mata kuliah yang pasti ada dan wajib ditempuh.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Statistika Untuk Jenjang S1

7. Aktuaria

Salah satu peminatan dalam prodi statistika ini mengajari tentang metode statistika dalam penerapannya di industri keuangan. Mereka yang mengambil peminatan ini akan menjadi seorang aktuaris.

8. Biostatistika

Ilmu satu ini mengajari tentang ilmu hayati dan perancangan percobaannya.

9. Bisnis dan Industri

Peminatan satu ini mengajari tentang proses monitoring dan segala hal terkait pengambilan keputusan dengan meminimalisir resiko kesalahan melalui statistika.

10. Keuangan

Terakhir, ada peminatan keuangan yang bisa dipilih para ahli statistika yang ingin bekerja di industri keuangan.

Demikian ulasan tentang mata kuliah statistika. Semoga memberi Kamu referensi!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *