Mata Kuliah Manajemen

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Manajemen Untuk Jenjang S1

Jurusan Manajemen menjadi salah satu prodi favorit fakultas Ekonomi yang selalu menduduki peringkat pertama. Pasalnya, prospek kerja yang menjanjikan menjadi alasan banyak orang memilih jurusan ini. Nah, kalau Kamu hendak mengambil jurusan Manajemen tahun depan, sudah tahukah apa yang akan dipelajari di prodi ini? Jika belum, yuk simak mata kuliah manajemen yang akan Kamu pelajari berikut ini.

1. Komunikasi Bisnis

Mata kuliah Komunikasi Bisnis ini mencakup konsep, pola dan saluran komunikasi bisnis lengkap dengan hambatan yang ada. Pada semester awal ini, Kamu akan belajar berbicara dan berbisnis menggunakan teknik tertentu baik verbal atau nonverbal dan sebagainya.

2. Pengantar Akuntansi

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Bagi yang Bingung Kuliah Apa

Kamu akan belajar mengenai dokumentasi dan pembukuan sistem keuangan pada sebuah perusahaan lewat mata kuliah manajemen satu ini.

3. Perpajakan

Meski tidak sefokus pencatatan transaksi pajak seperti mata kuliah pada jurusan Akuntansi, mahasiswa manajemen tetap wajib mempelajari ilmu perpajakan sebagai wawasan luas.

4. Manajemen Perbankan

Sistem mata kuliah manajemen yang memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait fungsi utama bank, laporan keuangan bank, manajemen aset dan kewajiban bank serta penilaian kinerja dan kesehatan bank.

5. Manajemen Produk Dan Merek

Mata kuliah penting ini mencakup pembelajaran terkait pekerjaan manajer produk yang harus mengikuti perkembangan yang makin kompleks. Perkembangan teknologi, internet, persaingan ketat dan lain-lain yang harus diperhatikan manajer perusahaan pada pengelolaan produk hingga konsep pemasaran dan strategi produk perusahaan.

Baca Juga:  Jurusan Manajemen Terbaik Di Surabaya Untuk Jenjang S1

6. Manajemen Pemasaran

Tak hanya soal jualan saja, Kamu akan belajar mengenai pengelolaan SDM agar bisa membangun relasi dengan pelanggan lebih efisien. Kamu akan belajar konsep dasar pemasaran, analisis lingkungan, pesaing dan pelanggan dan lain-lain.

7. Manajemen SDM

Manajemen SDM akan mengenalkan materi mengenai upaya sebuah perusahaan mengelola sumber daya manusia agar bisa mengalokasikannya sesuai dengan potensi yang dimiliki.

8. Manajemen Operasional

Mata kuliah konsentrasi ini akan mencakup pembelajaran soal upaya perusahaan mengelola proses operasional agar tetap efektif. Materi yang diajarkan antara lain rantai pasokan, perencanaan pembelian bahan baku dan lain-lain. Bisa dikatakan kalau materi manajemen operasional sangat penting dalam prodi manajemen.

Baca Juga:  10 Peluang atau Prospek Kerja Manajemen dan Gajinya

9. Manajemen Keuangan

Materi konsentrasi yang sangat penting terkait pengelolaan keuangan perusahaan secara keseluruhan mulai perencanaan, alokasi, penggunaan hingga tahap evaluasi keputusan.

Kamu akan belajar keputusan investasi, pembelanjaan, kebijakan tertentu dan aspek strategis lain. Mahasiswa yang menguasai manajemen keuangan dengan baik diharapkan bisa mengambil keputusan yang sesuai dengan kondisi perusahaan nantinya.

10. E-commerce

Pada mata kuliah ini Kamu akan mengenal strategi jual-beli jasa maupun barang yang memanfaatkan jaringan elektronik. E-commerce ini nanti juga akan menggunakan data elektronik, sistem pengumpulan data otomatis hingga melibatkan transaksi data elektronik.

Beberapa mata kuliah di atas diajarkan secara bertahap tergantung statistika semester Kamu. Khusus mata kuliah konsentrasi akan lebih difokuskan saat Kamu menginjak semester 6. Kamu bisa memilih mata kuliah manajemen yang ingin dipelajari lebih spesifik. Tinggal tentukan passion Kamu di bidang kelanjutan studi ini agar bisa menjadi lulusan yang berkualitas dan memiliki masa depan cemerlang, ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *