Mata Kuliah Ilmu Gizi

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Gizi Untuk Jenjang S1

Mata kuliah ilmu gizi terbagi menjadi mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Biasanya pihak universitas atau jurusan sudah membuat peraturan sendiri mengenai mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mahasiswa tinggal mengikuti aturan mata kuliah wajib dan memilih mata kuliah pilihan.

Saat ini, kesadaran pelajar untuk selektif memilih jurusan kuliah sudah semakin tinggi. Mereka tak mau salah pilih jurusan. Oleh karena itu, penting untuk mengenal sebuah jurusan dengan baik. Jika Kamu ingin berkuliah di jurusan ilmu gizi, berikut 10 mata kuliah ilmu gizi yang perlu Kamu tahu :

1. Biokimia Gizi

Sebagai mahasiswa jurusan ilmu gizi, Kamu akan mendapatkan mata kuliah biokimia gizi. Mata kuliah ini mempelajari tentang reaksi kimia di dalam tubuh yang berhubungan dengan asupan gizi yang masuk ke tubuh manusia.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Gizi Untuk Jenjang S1

2. Ilmu Bahan Pangan

Belajar jurusan ilmu gizi tidak akan jauh-jauh dari topik bahan pangan. Karena gizi yang kita dapatkan berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, maka Kamu tentu harus belajar tentang ilmu bahan pangan di jurusan ini.

3. Prinsip-Prinsip Ilmu Gizi

Mata kuliah prinsip-prinsip ilmu gizi menjadi salah satu mata kuliah yang penting untuk diikuti oleh mahasiswa jurusan ini. Di mata kuliah ini Kamu akan mendapat bekal ilmu dasar untuk menyelami lebih jauh tentang ilmu gizi.

4. Metabolisme Zat Gizi

Metabolisme zat gizi merupakan mata kuliah yang akan mempelajari tentang proses metabolisme gizi yang masuk ke dalam tubuh. Di sini Kamu akan belajar bagaimana zat gizi dicerna dan proses metabolisme seperti apa yang dilalui.

Baca Juga :  Jurusan Ilmu Gizi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

5. Teknologi Pengolahan Pangan

Ilmu gizi memang berhubungan erat dengan makanan. Di jurusan ini Kamu juga akan belajar tentang teknologi pengolahan pangan. Teknologi pengolahan memang berpengaruh pada kandungan gizi makanan sehingga harus dipelajari dengan baik.

6. Gizi Masyarakat

Gizi masyarakat juga menjadi salah satu jenis mata kuliah yang harus dipelajari oleh mahasiswa ilmu gizi. Mata kuliah ini belajar tentang kecukupan gizi yang ada di masyarakat dan menjadi salah satu bekal ilmu yang bermanfaat setelah lulus kuliah nanti.

7. Evaluasi Gizi

Di jurusan ilmu gizi Kamu juga akan belajar tentang evaluasi gizi. Di mata kuliah ini Kamu akan belajar melakukan analisis apakah gizi sudah terpenuhi dengan baik atau belum.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Gizi Bagi Yang Bingung Mau Kuliah Apa

8. Gizi Kuliner

Gizi kuliner menjadi salah satu jenis mata kuliah jurusan ilmu gizi yang cukup menarik. Di mata kuliah ini Kamu akan mempelajari ketersediaan gizi yang terdapat pada aneka jenis kuliner di sekitar kita.

9. Manajemen Pelayanan Makanan

Kamu juga harus belajar tentang manajemen pelayanan makanan di jurusan ilmu gizi. Ini menjadi bekal ilmu bagi mereka lulusan ilmu gizi yang akan bekerja di rumah sakit bagian gizi dan makanan.

10. Pengembangan Produk Pangan

Mahasiswa ilmu gizi juga akan belajar bagaimana mengembangkan sebuah produk pangan. Kamu akan belajar proses pengembangan pangan tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya.

Itulah tadi 10 mata kuliah ilmu gizi yang perlu Kamu tahu. Silakan pertimbangkan lagi apakah jurusan ini memang cocok untukmu.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *