Mata Kuliah Hukum

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Hukum Untuk Jenjang S1

Banyak jenis mata kuliah hukum yang harus diketahui jika Kamu bercita-cita melanjutkan sekolah di jurusan hukum. Seperti kita tahu bahwa ada banyak pilihan jurusan yang tersedia di universitas-universitas di Indonesia. Salah satunya adalah jurusan hukum yang banyak diminati oleh pelajar saat ini.

Jurusan hukum memiliki banyak peminat, salah satu penyebabnya adalah prospek kerja yang bagus di masa depan. Jika memang tertarik untuk berkuliah di jurusan ini, maka Kamu harus mengenal jurusan ini lebih jauh. Berikut adalah 10 mata kuliah hukum yang perlu Kamu tahu :

1. Pengantar Ilmu Hukum

Sebagai bekal dasar ilmu hukum, Kamu akan mendapatkan mata kuliah pengantar ilmu hukum. Mata kuliah ini biasanya diberikan pada semester awal sebagai pengantar untuk Kamu masuk ke dunia hukum.

Baca Juga :  Daftar Jurusan UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Lengkap

2. Pengantar Hukum Indonesia

Selain mendapatkan pengantar ilmu hukum secara umum, Kamu juga akan mendapat pengantar ilmu hukum Indonesia. Mata kuliah ini akan memperkenalkan Kamu tentang hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Hukum Perdata

Hukum perdata merupakan hukum atau peraturan yang mengatur hak maupun kepentingan individu dalam masyarakat. Kamu akan mempelajari lebih jauh tentang hukum perdata di jurusan yang satu ini.

4. Hukum Tata Negara

Sebagai mahasiswa hukum, Kamu akan belajar lebih jauh tentang peraturan atau hukum di Indonesia. Termasuk salah satunya adalah hukum tata negara yang berlaku di negara kita.

5. Hukum Pidana

Hukum pidana merupakan hukum atau peraturan yang menentukan tindakan terlarang dan menentukan hukuman yang pantas untuk diberikan. Kamu akan belajar lebih jauh tentang hukum pidana di jurusan ini.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Farmasi Dan Gajinya

6. Hukum Adat

Selain belajar tentang hukum negara Kamu juga akan belajar mengenai hukum adat. Bagaimanapun juga hukum adat masih berlaku di negara kita dan otomatis Kamu harus memahaminya jika ingin terjun ke dunia hukum.

7. Hukum Internasional

Selain hukum di negara sendiri, Kamu juga harus belajar tentang hukum internasional. Di mata kuliah ini Kamu akan mengenal seperti apa hukum yang berlaku di kancah internasional.

8. Hukum Dagang

Hukum dalam dunia perdagangan juga menjadi salah satu topik yang harus dipahami oleh mahasiswa hukum. Di mata kuliah ini Kamu akan belajar seluk beluk peraturan atau hukum yang berhubungan dengan aktivitas dagang atau jual beli.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sistem Informasi Dan Gajinya

9. Hukum Perjanjian Internasional

Mata kuliah ini menjadi salah satu jenis mata kuliah yang harus dipelajari oleh mahasiswa hukum. Di mata kuliah ini, Kamu akan belajar mengenai peraturan yang berlaku pada perjanjian antar negara di dunia.

10. Hukum Lingkungan

Di jurusan hukum, Kamu juga akan belajar tentang hukum lingkungan. Mata kuliah ini akan memberikan ilmu tentang hukum-hukum yang mengatur lingkungan di sekitar kita.

Itulah tadi 10 mata kuliah hukum yang perlu Kamu tahu. Setelah tahu apa saja yang dipelajari, tentu Kamu bisa menilai apakah jurusan ini memang cocok untukmu atau tidak.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *