Mata Kuliah Astronomi

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Astronomi Untuk Jenjang S1

Apakah Kamu pernah memperhatikan rangkaian bintang di malam hari? Apakah Kamu suka mempelajari tentang alam semesta, mulai dari planet, galaksi, hingga nebula dan black hole? Jika iya, tidak ada keraguan lagi. Kamu harus segera masuk ke program studi astronomi. Selain diajari tentang alam dan penciptaannya, mata kuliah astronomi juga akan membahas tentang astrofisika dan hal menarik lainnya. Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Ilmu astronomi merupakan cabang ilmu yang baru jika dibanding dengan cabang ilmu seperti matematika, sains, dan lain sebagainya. Namun sejatinya eksistensi cabang ilmu ini sudah ada sejak lama. Tentu Kamu ingat kan penemuan teleskop oleh Galileo Galilei? Pria yang dikenal dengan sebutan Bapak Astronom Observasional ini merupakan jenius di bidangnya yang hidup di abad 16-an.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Astronomi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Lulusan dari cabang ilmu ini banyak yang menjadi peneliti di berbagai lembaga. Mereka para sarjana ini diharapkan dapat menguasai ilmu alam dengan baik, mengidentifikasi masalah ilmiah, dan juga pengetahuan akan astronomi dasar hingga misi ilmiah di masa depan.

Berikut ini ada beberapa mata kuliah astronomi yang wajib untuk Kamu ketahui, yaitu :

1. Ilmu MIPA

Di cabang ilmu ini, matematika dan sains akan diajarkan sebagai pengantar dan pengingat dari mata pelajaran di sekolah menengah atas dulu.

2. Mekanika

Ilmu ini mempelajari tentang gerakan benda dan efek gaya yang menyertainya.

3. Astrofisika

Cabang ilmu ini mengajari tentang fisika alam semesta dan sifat fisiknya, termasuk luminositas, suhu, kepadatan, hingga komposisi kimia dari sebuah objek astronomi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Astronomi Dan Gajinya

4. Tata Surya

Kumpulan benda langit yang membentuk alam semesta ini terdiri dari banyak hal, mulai dari planet, bintang, hingga satelit. Fenomenanya pun macam-macam sehingga perlu dipelajari secara mendalam di ilmu satu ini.

5. Pengantar Kosmologi

Berasal dari bahasa Yunani, kosmologi adalah ilmu yang belajar soal sejarah alam semesta dan struktur besarnya, termasuk asal mula jagat raya hingga evolusi objek yang ada di dalam alam semesta itu sendiri.

6. Sejarah Astronomi

Ilmu ini akan membuatmu mempelajari tentang sejarah dari astronomi itu sendiri, termasuk segala penemuan di masa silam.

7. Fisika

Hampir sama dengan MIPA, ilmu ini diajarkan karena berkaitan dengan astronomi itu sendiri. Fisika di dalam prodi ini diajarkan dalam beberapa ilmu, yakni ada fisika termal, fisika bintang, dan fisika galaksi.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Astronomi Untuk Jenjang S1

8. Statistika

Statistika adalah ilmu terkait pengumpulan dan penyajian data sehingga di mata kuliah ini Kamu akan diajari tentang pengolahan data astronomi guna menjadi profesi peneliti nantinya.

9. Gelombang

Mata kuliah satu ini mempelajari tentang getaran yang merambat dan segala hal yang berkaitan dengannya.

10. Metode dalam Astronomi

Terakhir, ada mata kuliah tentang metode yang digunakan di penelitian bidang astronomi.

Demikian ulasan tentang mata kuliah astronomi. Bagaimana? Yuk, segera daftarkan diri Kamu ke jurusan kuliah astronomi ini dan jadilah astronom berbakat.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *