Mata Kuliah Arsitektur

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Arsitektur Untuk Jenjang S1

Ada banyak jenis mata kuliah arsitektur yang harus diambil oleh mahasiswa arsitektur. Semua mata kuliah yang ada dibagi menjadi dua kelompok yaitu mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Biasanya, setiap universitas punya kebijakan masing-masing mengenai mata kuliah wajib dan pilihan.

Jurusan arsitektur memiliki peminat yang cukup tinggi di Indonesia. Banyak universitas negeri dan swasta yang menyediakan jurusan arsitektur. Bagi Kamu yang ingin mengambil jurusan arsitektur, berikut adalah 10 mata kuliah arsitektur yang perlu Kamu ketahui :

1. Pengantar Arsitektur

Berkuliah di jurusan arsitektur, otomatis Kamu akan mendapatkan ilmu pengantar arsitektur sebagai pembuka. Di semester awal, Kamu akan mendapatkan dasar-dasar ilmu arsitektur.

2. Studio Perancangan Arsitektur

Sebagai mahasiswa jurusan arsitektur Kamu akan belajar mata kuliah studio perancangan arsitektur. Mata kuliah ini terbagi menjadi beberapa bagian yang berkelanjutan di setiap semester.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Arsitek Dan Gajinya

3. Perkembangan Arsitektur

Dunia arsitektur memang terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi. Oleh karena itu, ada mata kuliah perkembangan arsitektur yang harus Kamu pelajari di jurusan ini.

4. Struktur Konstruksi Bangunan Gedung

Agar bisa membuat desain bangunan yang baik maka Kamu harus paham cara membangun konstruksi bangunan yang baik. Oleh karena itu Kamu harus mengikuti mata kuliah struktur konstruksi bangunan gedung.

5. Fisika Bangunan

Untuk membuat sebuah bangunan yang baik dan kokoh, maka Kamu harus belajar tentang fisika bangunan. Mata kuliah yang satu ini menjadi salah satu mata kuliah yang wajib untuk diambil oleh mahasiswa arsitektur.

6. Metode Perancangan Arsitektur

Baca Juga :  Jurusan Arsitektur Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

Sebagai calon arsitek, tentu Kamu harus tahu bagaimana cara atau metode perancangan yang tepat. Di mata kuliah metode perancangan arsitektur Kamu akan mendapat bekal lengkap untuk membuat rancangan bangunanmu sendiri.

7. Arsitektur Kota

Mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa arsitektur. Di mata kuliah yang satu ini Kamu akan belajar banyak tentang ilmu dan dasar-dasar perancangan arsitektur kota.

8. Manajemen Konstruksi

Bangunan yang baik tidak hanya yang memiliki desain bagus tapi juga konstruksi yang kokoh. Oleh karena itu, mata kuliah manajemen konstruksi menjadi salah satu jenis mata kuliah yang sangat penting untuk mahasiswa arsitektur.

9. Hukum dan Pranata Pembangunan

Untuk mempersiapkan diri sebagai arsitektur yang baik, maka Kamu harus memiliki bekal ilmu hukum dan pranata pembangunan. Di mata kuliah ini Kamu akan belajar tentang hukum dan aturan yang berlaku dalam proses pembangunan.

Baca Juga :  Daftar Jurusan PCR (Politeknik Caltex Riau) Lengkap

10. Etika dan Praktik Profesi Arsitektur

Sebagai calon arsitek, maka Kamu harus mempersiapkan diri sedini mungkin. Selama masa kuliah, Kamu akan belajar etika dalam praktik profesi arsitektur. Mata kuliah ini akan mengajarkan Kamu bagaimana menjadi arsitek yang profesional dan bekerja sesuai etika.

Itulah tadi 10 mata kuliah arsitektur yang perlu Kamu tahu. Pastikan Kamu memahami setiap jenis mata kuliah ini agar Kamu semakin yakin memilih jurusan arsitektur. Selain harus tau mengenai mata kuliah yang ada di jurusan arsitek, Kamu juga perlu tau beberapa hal lain tentang arsitek. Hal ini menghindari perasaan salah jurusan di kemudian hari.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *