Mata Kuliah Agribisnis

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Agribisnis Untuk Jenjang S1

Apa saja mata kuliah agribisnis yang harus diambil jika Kamu ingin berkuliah di jurusan ini? Informasi ini penting untuk diketahui bahkan sebelum Kamu pasti berkuliah di jurusan agribisnis. Sangat penting untuk tahu lebih jauh ilmu apa yang ingin Kamu dalami supaya Kamu lebih mantap memilih jurusan.

Agribisnis merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di Indonesia. Jurusan ini mempelajari bidang bisnis yang berhubungan dengan dunia pertanian. Bagi Kamu yang ingin berkuliah di jurusan ini, berikut adalah 10 mata kuliah agribisnis yang perlu Kamu tahu :

1. Pengantar Ilmu Pertanian

Berkuliah di jurusan agribisnis mengharuskan Kamu mengenal lebih jauh tentang dunia pertanian. Otomatis, Kamu harus belajar ilmu pertanian dan dimulai dari mata kuliah pengantar ilmu pertanian.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Sistem Informasi Untuk Jenjang S1

2. Pengantar Ilmu Teknologi Pertanian

Selain mendapatkan dasar-dasar ilmu pertanian, Kamu juga harus belajar ilmu pengantar teknologi pertanian. Kamu perlu mendalami lebih jauh mengenai teknologi yang digunakan di dunia pertanian saat ini.

3. Dasar-Dasar Budidaya Pertanian

Untuk lebih memahami seputar dunia pertanian maka Kamu perlu belajar dasar-dasar budidaya pertanian. Di mata kuliah ini Kamu akan mempelajari lebih jauh tentang budidaya yang saat ini dilakukan di bidang pertanian.

4. Pengantar Ilmu Ekonomi

Selain pertanian, di jurusan ini Kamu juga harus mendalami bidang ekonomi. Akan diberikan pengantar ilmu ekonomi agar Kamu bisa mengetahui dasar-dasar ilmu ekonomi.

5. Koperasi dan Usaha Pertanian

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Agribisnis Bagi yang Bingung Mau Kuliah Apa

Kamu akan masuk lebih dalam ke dunia agribisnis dengan belajar tentang koperasi dan usaha pertanian. Di mata kuliah ini Kamu akan mendapatkan bekal ilmu mengenai pengelolaan koperasi maupun usaha pertanian.

6. Pengantar Agribisnis

Di semester awal, Kamu akan mendapatkan pengantar ilmu agribisnis. Selanjutnya di semester berikutnya Kamu akan mendapatkan ilmu agribisnis yang lebih kompleks dan lengkap.

7. Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian

Jurusan agribisnis juga akan memberikan pelajaran mengenai komunikasi dan penyuluhan pertanian. Kamu akan belajar bagaimana caranya berkomunikasi dan memberikan penyuluhan di bidang pertanian.

8. Pemasaran Hasil Pertanian

Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa jurusan yang satu ini tidak jauh-jauh dari aktivitas bisnis. Oleh karena itu, otomatis Kamu juga harus belajar mengenai pemasaran di bidang pertanian. Kamu akan belajar teknik pemasaran untuk hasil pertanian di Indonesia.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Hukum Untuk Jenjang S1

9. Kewirausahaan

Salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh mahasiswa agribisnis adalah ilmu kewirausahaan. Kamu akan belajar dasar-dasar ilmu kewirausahaan khususnya di bidang pertanian.

10. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

Ada banyak cabang bidang agribisnis yang perlu dipelajari di jurusan ini. Salah satunya adalah ilmu mengenai agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

Itulah tadi 10 mata kuliah agribisnis yang harus Kamu ketahui. Kamu harus belajar semua mata kuliah ini dan mata kuliah lainnya jika ingin berkuliah di jurusan agribisnis.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *