Mata Kuliah Administrasi Pendidikan

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Administrasi Pendidikan Untuk Jenjang S1

Kuliah jurusan Administrasi Pendidikan terasa hambar, kenapa ya? Anggapan lulusan Administrasi Pendidikan tidak memiliki karir yang cemerlang tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, Kamu punya potensi karir sebagai perencana pendidikan, konsultan pendidikan luar negeri, guru, kepala sekolah, pengawas, dan lain-lain. Jurusan ini memiliki prosentase penerimaan lebih besar sebab passing grade prodi di berbagai PTN cukup rendah. Kenali mata kuliah jurusan Administrasi Pendidikan guna mengukur minat Kamu di jurusan spesifik ini.

Kalau Kamu tertarik masuk jurusan Administrasi Pendidikan, berikut 10 mata kuliah jurusan Administrasi Pendidikan yang wajib Kamu ketahui yaitu :

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Administrasi Pendidikan Dan Gajinya

1. Filsafat Ilmu

Pada awal semester, Kamu akan berkenalan dengan mata kuliah Filsafat Ilmu yang membahas dasar-dasar filsafat, asumsi, dan implikasi ilmu baik alam atau sosial di lembaga pendidikan.

2. Statistik
Statistik Pendidikan merupakan mata kuliah yang diberikan pada semester awal hanya 2 SKS saja.

3. Landasan Ilmu Pendidikan

Landasan Ilmu Pendidikan merupakan mata kuliah yang diajarkan pada awal semester tentang sudut pandang, jenis landasan pendidikan, landasan filosofis dan ilmiah, dan lain-lain.

4. Manajemen Pendidikan

Kamu akan belajar mengenai kebijakan, pengambilan keputusan, pengembangan kurikulum, dan pengelolaan manajemen pendidikan yang penting.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Administrasi Pendidikan Untuk Jenjang S1

5. Evaluasi Hasil Belajar

Sesuai dengan prospek kerja kelak, Kamu akan belajar mengenai cara evaluasi hasil belajar peserta didik.

6. Manajemen SDM

Lulusan Administrasi Pendidikan bisa menjadi kepala di lembaga pendidikan karena mampu berpikir kritis, komunikasi bisnis, etika dan tanggung jawab, serta mengembangkan organisasi lebih baik. Semua itu akan Kamu pelajari pada mata kuliah Jurusan Administrasi Pendidikan paling vital yaitu Manajemen SDM.

7. Pengawasan Dan Supervisi

Mata kuliah yang membahas teori pengawasan dan supervisi termasuk teknik supervisi di lembaga pendidikan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Pendidikan Bagi Yang Bingung

8. Perencanaan Pendidikan

Kamu perlu praktik membuat rencana mikro pada suatu lembaga pendidikan pada mata kuliah Perencanaan Pendidikan.

9. Manajemen Keuangan

Kamu akan belajar mengenai manajemen keuangan yang spesifik yaitu pengelolaan keuangan sekolah mulai mendapatkan dan menetapkan sumber dana, pemanfaatan, pelaporan, dan pemeriksaan tanggung jawab keuangan.

10. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah

Mata kuliah jurusan memang berkaitan dengan pengelolaan, perencanaan, pengawasan, dan hal-hal yang berkaitan dengan lembaga pendidikan baik formal atau non formal. Kamu akan belajar cara mendayagunakan sarana dan prasarana yang dimiliki lembaga pendidikan agar lebih efektif.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Administrasi Pendidikan Dan Gajinya

Jurusan Administrasi Pendidikan sangat cocok untuk calon mahasiswa yang memiliki karakter teliti, detail, tekun, kritis, memiliki jiwa kepemimpinan, dan bisa bekerja sama dalam tim. Kemampuan analisis dan komunikasi sangat dibutuhkan agar Kamu bisa menjadi pengelola, perencana atau pengawas pendidikan di Indonesia. Menguasai mata kuliah jurusan Administrasi Pendidikan akan membantu Kamu memiliki karir cerah sebagai konselor atau koordinator lembaga pendidikan kelak. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya.