Macam-Macam Jurusan Manajemen

Image: canva.com

Macam-Macam Jurusan Manajemen Yang Perlu Kamu Tau

Kamu harus tahu macam-macam jurusan manajemen jika Kamu ingin belajar di bidang ini. Seperti kita tahu bahwa memilih jurusan kuliah tidak bisa dilakukan asal-asalan. Kamu harus benar-benar paham apa yang akan Kamu pelajari di jurusan tersebut dan bagaimana prospek kerjanya setelah Kamu lulus nanti.

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di Indonesia. Jurusan ini memang tersedia di banyak universitas di Indonesia. Jurusan ini juga menjanjikan peluang kerja yang sangat bagus di masa depan sehingga wajar jika jurusan manajemen cukup banyak diminati.

Jurusan manajemen terdiri dari beberapa jenis. Jika Kamu ingin memilih belajar di bidang manajemen maka Kamu harus tahu jurusan manajemen apa yang bisa Kamu pilih. Inilah dia macam-macam jurusan manajemen yang perlu Kamu tahu :

Baca Juga:  10 Peluang atau Prospek Kerja Manajemen dan Gajinya

1. Manajemen Bisnis

Di jurusan manajemen bisnis, Kamu akan fokus belajar manajemen di dunia bisnis. Jurusan ini biasanya diambil oleh mereka yang memiliki passion di dunia bisnis dan memang ingin menjadi pebisnis setelah lulus kuliah nanti. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja sebagai konsultan bisnis di perusahaan.

2. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan jurusan yang mempelajari ilmu manajemen yang terfokus pada bidang marketing atau pemasaran. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai staf marketing di sebuah perusahaan. Kamu juga bisa menjadi pengusaha sukses setelah lulus dari jurusan ini.

3. Manajemen Perbankan

Manajemen perbankan merupakan jenis jurusan yang mempelajari ilmu manajemen yang lebih fokus pada dunia perbankan. Setelah lulus dari jurusan ini Kamu berpeluang besar untuk bekerja di bank dan mendapatkan gaji yang besar. Jurusan ini sangat cocok dipilih oleh Kamu yang tertarik bekerja di bank.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Untuk Jenjang S1

4. Manajemen Keuangan

Ilmu manajemen keuangan sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar. Setiap perusahaan pasti membutuhkan pengaturan keuangan yang baik sehingga pasti akan membutuhkan lulusan dari manajemen keuangan. Setelah lulus dari jurusan ini Kamu juga bisa menjadi pengusaha yang sukses.

5. Manajemen SDM

Manajemen SDM merupakan salah satu pilihan jenis jurusan manajemen yang fokus belajar seputar sumber daya manusia atau human resource. Setelah lulus dari jurusan ini Kamu bisa bekerja sebagai staf HRD di sebuah perusahaan.

6. Manajemen Operasional

Jurusan manajemen operasional berfokus pada ilmu analisis produk yang meliputi proses pembuatan hingga pengiriman produk ke konsumen. Lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan sehingga prospek kerjanya sangat luas.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Manajemen Untuk Jenjang S1

Itulah tadi macam-macam jurusan manajemen yang perlu Kamu tahu. Sebelum memilih jurusan kuliah, pastikan Kamu sudah paham seluk beluk setiap jenis jurusan manajemen agar Kamu semakin mantap menentukan pilihan. Pilih jurusan yang paling sesuai dengan passion dan minat yang Kamu miliki.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *