Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Orang Pendiam

Image: canva.com

10 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Orang Pendiam

Setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing yang bisa membantu menentukan jurusan kuliah yang tepat. Misalnya Kamu memiliki kecerdasan linguistik yang bisa mempengaruhi orang lain dengan kata persuasif, bisa memilih jurusan ilmu komunikasi atau sastra. Namun, bagaimana dengan orang yang agak pendiam dan cenderung anti sosial? Buat Kamu yang mungkin tipe introvert, berikut 10 jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam.

1. Desain Grafis

Dewasa ini, banyak sekali pekerjaan baik pekerja lepas atau full time yang membutuhkan jasa desain grafis. Pekerjaan yang berkaitan dengan gambar, angka, foto dan grafik sangat cocok untuk orang yang tidak begitu mudah berkomunikasi dengan orang lain.

2. Akuntansi

Menjadi seorang akuntan mungkin cocok untuk Kamu yang pendiam. Pasalnya, Kamu akan berurusan dengan angka saja. Kamu tidak perlu terlalu lelah berinteraksi dengan klien secara langsung, bukan?

Baca Juga :  10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKJ Yang Perlu Kamu Tau

3. Sastra

Kamu yang memiliki kepribadian tertutup dan pendiam mungkin lebih suka mengekspresikan perasaan lewat rangkaian kata-kata. Jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam adalah sastra. Tentu Kamu bisa menjadi seorang penulis yang bisa menghasilkan banyak uang era modern ini.

4. Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang direkomendasikan untuk orang pendiam adalah Teknik Informatika (TI). Kamu hanya perlu memahami bahasa pemrograman yang rumit dibandingkan banyak berkomunikasi. Toh, prospek pekerjaan lulusan TI masih terbuka lebar di Indonesia.

5. Ilmu Perpustakaan

Kamu suka membaca atau memiliki ketelitian tinggi dalam menyusun arsip buku, bisa memilih bidang jurusan Ilmu Perpustakaan. Tak memiliki kemampuan komunikasi yang baik pun, Kamu bisa bekerja menjadi pustakawan lho!

Baca Juga :  10 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Menjanjikan Masa Depan Cerah

6. Radiologi

Jika profesi seperti dokter membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dengan pasien kelak, Kamu mungkin bisa memilih jurusan kuliah Radiologi yang tetap berkaitan dengan dunia kesehatan. Jurusan ini cocok untuk Kamu yang suka ilmu hitung-hitungan, observasi tinggi, teliti, tekun dan lebih suka bekerja individual.

7. Farmasi

Jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam adalah Farmasi. Di bidang jurusan kesehatan ini, Kamu memerlukan ketekunan dan ketelitian tinggi yang biasa dimiliki orang pendiam.

8. Teknik Arsitektur

Menjalani profesi sebagai arsitek bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang tidak begitu percaya diri dengan kemampuan berkomunikasi. Kamu akan belajar seluk beluk dunia arsitektur dengan mempelajari sains, matematika, teknologi dan seni.

Baca Juga :  10 Jurusan Yang Cocok Untuk Orang Yang Malas, Apakah Ini Kamu?

9. Jurnalistik

Berbeda dengan reporter atau presenter yang membutuhkan ilmu komunikasi terbaik, Kamu bisa memilih profesi sebagai jurnalis yang cocok untuk si pendiam. Kamu hanya perlu mempelajari sebuah kejadian hingga mengolah data menjadi berita yang informatif.

10. Sains

Cocok untuk si pendiam yang suka melakukan penelitian tanpa banyak bicara. Mempelajari sains akan membuat Kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan penelitian dan menerbitkannya dalam bentuk jurnal.

10 jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam di atas bisa Kamu pertimbangkan lho! Tak perlu minder dengan kepribadian diri yang introvert dan pemalu. Kamu tetap bisa berprestasi dengan menjalani profesi sesuai passion.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *