Cara Penulisan Gelar Sarjana

Image: [Edi Susilo] canva.com

Cara Penulisan Gelar Sarjana Yang Baik Dan Benar Dan Contohnya

Jika dalam dokumen apapun yang Kamu miliki sudah ada cara penulisan gelar sarjana, maka level pendidikan minimal sudah tinggi. Satu tingkat setelah bangku sekolah, yakni bangku perkuliahan yang ditempuh selama 4 tahun. Tanda bahwa kita sudah menempuh pendidikan sarjana adalah dengan ditambahkannya gelar Sarjana di belakang nama lengkap Kamu.

Semua orang sudah paham akan keberadaan gelar ini. Bukan gelar yang asing lagi, karena ribuan orang kini sudah mampu menempuh bangku kuliah. Dulunya bisa kuliah adalah sebuah hal yang sulit, karena anggapan kuliah hanya untuk orang kaya saja. Namun kita semakin banyak orang uang bisa kuliah, karena bisa sambil kerja. Selain itu juga banyaknya beasiswa.

Menulis Gelar Sarjana dengan Baik dan Benar

Untuk gelar sarjana, kebanyakan yang kita ketahui adalah S.Pd. Gelar ini adalah gelar untuk Sarjana Pendidikan. Cara penulisan gelar sarjana secara umum pun sudah pakem, seperti penulisan Sarjana Pendidikan tersebut.

Baca Juga :  10 Tips Ampuh Mendapatkan Nilai Cumlaude Saat Kuliah

Berikut adalah aturan cara penulisan gelar sarjana secara detail :

1. Gelar Sarjana disingkat dengan huruf “S” (huruf besar). Huruf ini tepat ditulis di belakang nama lengkap Kamu.

2. Setelah penulisan huruf yang mewakili kata “Sarjana”, diikuti dengan bidang ilmu kesarjanaan yang ditempuh. Bentuknya pun berupa kata, seperti kata “sarjana”. Penulisannya pun juga disingkat, seperti misalnya komputer disingkat Kom, hukum disingkat H, kenotariatan disingkat Kn, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Ada perbedaan penulisan bidnag ilmu kesarjanaan dalam cara penulisan gelar sarjana, yakni penggunaan dua huruf dan satu huruf saja atau bahkan memakai 3 huruf. Perbedaan sederhana yang mewakilinya adalah :

  • Sarjana Ekonomi ditulis S.E., di mana bidang ilmu ekonomi berasal dari kata dasar tanpa ada imbuhan apapun, sehingga hanya disingkat “E” huruf besar saja, bukan “Ek”.
  • Sarjana Pendidikan yang selama ini paling familiar cara penulisan gelar sarjananya ditulis dengan dua huruf pada bidang kesarjanaannya “ pendidikan” yakni “Pd”. Ini dikarenakan kata “Pendidikan” sudah berimbuhan.
  • Sarjana Komputer ditulis S.Kom. Bidang ilmu Komputer disingkat “Kom” karena jika disingkat dengan huruf “K “saja artinya akan ambigu, karena banyak disiplin ilmu yang berawalan huruf K, seperti kenotariatan disingkat Kn, Kesehatan disingkat Kes, dan yang lainnya.
Baca Juga :  Pengertian Customer Service Dan Tugas Customer Service

4. Penggunaan tanda titik dalam cara penulisan gelar sarjana itu wajib harus ada 2 titik yang digunakan, yakni setelah huruf S yang berarti Sarjana, dan setelah bidang ilmu kesarjanaan atau di akhir gelar. Penulisannya adalah seperti S.Sos. Untuk Sarjana Sosial.

5. Jika memiliki dua gelar sarjana, maka harus ada pemisahnya antara gelar sarjana yang pertama dan kedua dengan menggunakan tanda koma. Contohnya adalah : S.H., S.Kn. Penggunaan titik setelah gelar yang pertama tetap digunakan dan kemudian disandingkan dengan tanda koma.

6. Penulisan bidang ilmu yang menggunakan dua huruf dalam singkatannya harus diawali huruf besar, lalu kemudian diikuti huruf kecil. Bukan S.KOM tetapi S.Kom.

Baca Juga :  10 Alasan Kenapa Pentingnya Pendidikan Untuk Aku Dan Kamu

Aku pun sering salah dalam cara penulisan gelar sarjana. Pastinya Kamu pun juga demikian. Sepertinya saat menuliskannya sudah benar, ternyata masih salah dan tidak sesuai dengan pakem penulisannya.



Pada kategori Studi

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *