Cara Ikut Ujian Kejar Paket C

Image: canva.com

Cara Ikut Ujian Kejar Paket C Dan Biaya Yang Dibutuhkan

Kejar paket C merupakan sebuah program yang dikhususkan bagi mereka yang belum mendapatkan predikat lulus dari jenjang pendidikan tingkat SMA. Program ini ditujukan bagi mereka yang belum mendapatkan ijazah SMA. Melalui program ini, orang-orang yang belum mendapat ijazah SMA bisa mendapatkan ijazah secara legal.

Seperti kita tahu bahwa pendidikan saat ini sangatlah penting. Pendidikan digunakan sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Jika Kamu tidak memiliki ijazah SMA, tentu saja akan sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Karena itulah kemudian diadakan program paket C ini untuk mereka yang belum punya ijazah SMA.

Cara Mengikuti Program

Program paket C ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Terutama bagi mereka yang belum lulus SMA dan belum memiliki ijazah. Program ini dinilai sangat memudahkan mereka yang tidak punya ijazah SMA untuk memiliki ijazah dengan prosedur yang lebih ringkas dan waktu yang lebih cepat.

Baca Juga :  Bingung Pilih Sekolah Anak? Perhatikan 10 Hal Berikut

Lalu, seperti apa caranya supaya Kamu bisa mengikuti program kejar paket C ini? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan :

1. Cari Informasi Lokasi PKBM

PKBM adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang bekerja di bawah Kementerian Pendidikan Nasional. Supaya bisa mengikuti ujian paket C maka Kamu terlebih dahulu harus mencari lembaga PKBM terdekat di kotamu. Cari PKBM yang menyelanggarakan ujian paket C.

2. Persiapan Dokumen

Untuk mendaftar dalam program paket C, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa syarat dokumen yang dibutuhkan di antaranya adalah ijazah SMP, pas foto 3×4 10 lembar, dan formulir pendaftaran yang bisa Kamu dapatkan dari PKBM.

Baca Juga :  Memilih MA Setelah Lulus MTs yang Tepat Untuk Anak, Ada 10 Tips

3. Ikuti Jadwal Pendaftaran

Perlu diketahui bahwa program paket C terbuka pada jadwal tertentu yang sudah ditentukan. Biasanya untuk mengikuti program paket C tahun depan, Kamu sudah bisa mendaftar di tahun ini. Ujian untuk program paket C juga digelar setiap satu tahun sekali.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu dilakukan jika Kamu ingin mengikuti program paket C. Tak perlu merasa minder atau ragu, jika Kamu ingin mendapatkan masa depan yang lebih cerah dan ingin mendapatkan ijazah SMA maka Kamu harus segera mendaftar program ini.

Selain ada syarat yang harus dipenuhi, Kamu juga harus membayar biaya dalam jumlah tertentu yang sudah ditetapkan oleh pihak PKBM. Biaya yang dibutuhkan tentu juga lebih murah daripada biaya untuk menempuh pendidikan SMA. Untuk paket C sendiri biaya pendaftarannya adalah kurang lebih Rp 200.000.

Baca Juga :  Pengertian OSIS, Fungsi OSIS, Tujuan OSIS, Dan Tugas OSIS

Sementara itu untuk mengikuti bimbingan sebelum ujian paket C, Kamu juga harus membayar biaya. Untuk program IPS biayanya kurang lebih Rp 3.000.000 dan program IPA kurang lebih Rp 4.000.000. Namun, biaya ujian kejar paket C ini bisa terus berubah sesuai dengan peraturan yang berlaku.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

40 thoughts on “Cara Ikut Ujian Kejar Paket C Dan Biaya Yang Dibutuhkan

  1. Umur saya 20 tahu. Sudah berhenti sekolah sekitar 6 tahun, dan semua pelajaran saya juga sudah lupa, apakah saya masih bisa mengikuti kegiatan kejar paket C?

  2. Apakah ijazah paket C ini berlaku untuk mendaftar sebagai abdi negara misalkan tni atau polisi apakah bisa? Atau sebagai pegawai sipil?

  3. Untuk kejar paket C gmn caranya.. Hubungi siap gan.. q kelulusan th 2006/2007 pengen cari ijasah sma.. yg nggak pake waktu lama.. Soalnya butuh.. Juga wakt terbatas kerj..
    Mksih gan

  4. Apa Untuk Mengikuti Ujian Paket C,,, harus dimulai dr paket A,B nya? soalnya dulu semua data sekolah saya ilang krna musibah, dan mau ngurus nya lagi kata pihak2 sekolah saya dr sd, smp, smk katanya udh sulit,,,

    saya mau daftar paket c, buat formalitas lamar kerja jd ob di cv

    mohon dijawab secepetnya ya ka,,, makasih banyak

  5. Min mau nanya dong ada temen saya gk sekolah sma
    sebenernya kalo sekolah dia bakal lulus tahun ini. Tapi dia gak sekolah karna urusan pribadi kira” dia bisa gk ikut ujian paketC tahun ini???

    • kalau iktu paket C bisa aja, tapi kalau harus tahun ini bisa coba tanya ke penyelenggara terdekat. Kapan pendaftaran kerja paket C dibuka

  6. Mau nanya kalau mau kejar paket C nama di ijazah terakhir beda dg di kk ktp akte apakah bisa ijazah terkhir besok dari paket c mengikuti nama di kk ktp dan di akte,, terimakasih.

  7. kalau udah dapat ijazah paket b , terus mau ujian paket c ..
    butuh waktu brp lama supaya bisa ikut ujian gan ?

  8. Admi mau nanya donk Saya dulu udah daftar paket c tapi saya gak masuk masuk sejak mendaftar karena sibuk urusan apakah bisa saya langsung ikut ujian mohon balas secepat nya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *