Cara Buat Email Baru di Gmail

Image: canva.com

Cara Buat Email Baru di Gmail Bisa Pakai Komputer Atau Pakai HP

Kamu butuh email tapi tidak bisa buatnya? Kalau iya Kamu sudah berada di tempat yang tepat. Pada kali ini kita akan membahas mengenai cara buat email baru di Gmail. Tutorial ini bisa Kamu ikuti menggunakan komputer atau pakai hp smartphone Kamu. Tanpa lama-lama, berikut langkah-langkah yang perlu Kamu lakukan.

1. Buka Alamat web https://www.google.com/gmail/ Di Browser Chrome Atau Lainnya.

Pada langkah cara buat email baru di Gmail kali ini, kita akan membuat email menggunakan browser. Setelah kamu membuka alamat web di atas, Kamu akan dibawa ke halaman depan website Gmail. Isinya tentang informasi Gmail dan keunggulannya. Langsung saja ke langkah selanjutnya

Baca Juga:  Cara Membuat Tanda Tangan Di Gmail Untuk Setiap Pesan Email

2. Klik Tombol Buat Akun

Di website Gmail akan ada 3 tombol Buat Akun, Kamu bisa klik tombol salah satu dari ketiganya. Bebas yang mana saja, karena fungsinya sama seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Buat Email Baru di Gmail

google.com

3. Isi Form Halaman Buat Akun Google

Setelah tombol Buat Akun Kamu klik, kemudian akan berpindah ke halaman baru, yaitu form Buat Akun Google atau dalam hal ini Gmail. Tampilannya seperti dibawah ini.

form data email

google.com

Ada 5 isinya yang perlu Kamu Isi, yaitu:

  • Nama Depan (Nama anda yang bagian depan)
  • Nama Belakang (Nama bagian belakang, jika tidak ada isikan sama dengan nama depan atau bisa diisi nama ayah Kamu)
  • Nama Pengguna (alamat email yang akan Kamu buat)
  • Sandi (Password email Kamu)
  • Konfirmasi (Masukkan Password email Kamu yang sama sekali lagi)

Untuk nama pengguna bisa ditambahkan huruf, angka atau titik. Sebagai catatan, alamat email yang Kamu ingin buat bisa saja sudah dimiliki orang lain. Solusinya tambahkan beberapa kata yang sesuai agar email disetujui. Tapi kalai ingin mudah, bisa pilih salah satu alamat email yang disarankan dibagian bawah atau pada tulisan Tersedia:.

Baca Juga:  Cara Membuat Tanda Tangan Di Gmail Untuk Setiap Pesan Email

Alamat email Kamu akan seperti ini: namapengguna@gmail.com

Setelah diisi semua dan pastikan tidak ada peringatan tulisan warna merah, selanjutnya tinggal klik tombol Berikutnya dibagian bawah.

4. Verifikasi Email Kamu

Setelah langka 3 selesai, Kamu akan masuk langkah selanjutnya yaitu menambahkan informasi untuk verifikasi email. Tampilannya akan seperti di bawah ini:

form verifikasi email

google.com

Pada halaman ini ada 4 isian yang perlu Kamu isi, yaitu:

  • No HP (Masukkan No HP Kamu yang aktif ya, karena nanti akan dapat SMS)
  • Alamat email pemulihan (opsional) (Yang ini tidak diisi tidak ada-apa jika ini merupakan email pertama)
  • Tanggal lahir (Pilih tanggal, bulan, dan tahun lahir Kamu)
  • Gender (Jenis Kelamin)
Baca Juga:  Cara Membuat Tanda Tangan Di Gmail Untuk Setiap Pesan Email

Setelah selesai semua, kemudian klik tombol Berikutnya.

Kemudian nanti ada tampilan halaman Verifikasi no. telp. yan isinya memberi tahu bahwa Google akan mengirim SMS kode 6 digit. Dan tampil juga No HP yang Kamu negara. Jika sudah benar nomornya, maka klik tombol Kirim pada bagian Bawah.

5. Verifikasi no. telp.

Penghasilan kena pajak mengklik Tombol Kirim , tunggu beberapa Saat Sampai Kamu pendapatkan SMS Yang Berisi Kode DENGAN awalan G -…… . Selain itu tampilan web akan berubah seperti dibawah ini:

verifikasi kode sms

google.com

Jika SMS sudah masuk, kemudian lihat kode yang ada di SMS tersebut. Masukkan kode tersebut ke formulir Masukkan kode pengungkit = G-. Jika sudah benar sekarang klik tombol Verifikasi .

6. Optimalkan Email

Setelah klik tombol Verifikasi , akan ada tampilan halaman Optimalkan pengguna nomor telepon Anda . Kamu bisa mengikuti saran-saran yang ada dihalaman ini dengan mengklik tombol Ya, saya ikut . Atau Kamu juga bisa mengklik tombol Lewatkan jika tidak ingin mengikuti rekomendasi yang ada.

7. Privasi Dan Persyaratan

Jika urusan optimalisasi email sudah selesai, akan muncul halaman mengenai informasi privasi dan persyaratannya. Kamu bisa membaca semua informasi yang Ada disitu untuk melihat mengenai aturan-aturan dan tentang privasi yang ada di Gmail.

Jika sudah selesai baca, dibagian bawah Kamu tinggal klik tombol Saya setuju .

Selamat, email Kamu sudah jadi dan siap digunakan dan Kamu sudah berhasil mengikuti semua cara buat email baru di Gmail.

Untuk acara masuk ke Email Kamu tinggal buka alamat web seperti pada cara 1 di atas tadi. Kemudian tinggal pilih menu yang bagian Login .

Akan ada form login, Kamu atau nama pengguna atau alamat email. Tinggal klik tombol Berikutnya .

Tampilan email yang sudah Kamu buat atau Kamu sudah Login akan seperti ini.

Cara Buat Email Baru di Gmail

google.com

Dengan email ini, Kamu sudah bisa mengirim pesan email ke siapa pun. Dan Kamu juga sudah bisa menerima pesan dari siapa pun. Selain itu, email ini juga bisa untuk daftar media sosial seperti, facebook, twitter, instagram, youtube dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Sebagai informasi tambahan, biar makin paham berikut cara mengirimkan pesan dan menggunaan email Kamu.

Untuk mulai mengirim pesan, Kamu tinggal klik tombol + Tulis diatas Kotak Masuk . Kemudian akan muncul tampilan seperti ini.

Cara Buat Email Baru di Gmail

google.com

Bagaimana kimim emailnya gimana? gampang aja, Kamu ikuti langkah berikut ini:

  1. Masukkan alamat email tujuan di formulir Penerima  (contoh: emailtemanku@gmail.com )
  2. Masukkan Subjek (Subjek ini seperti judul email, contoh: Lamaran Kerja PT RENESIA – Nama Kamu )
  3. Kamu tinggal tulisa pesan Kamu dibawah Subjek .
  4. Kamu bisa menyesuaikan tulisan pesannya, seperti ganti font ( Sans Serif ), ukuran font ( T ), font tebal ( B ), font miring ( I ), font garis bawah ( U ), warna texs ( A ), rata kanan-rata kiri teks dan penomoran teks.
  5. Di samping Kirim , Kamu bisa opsi format ( A ), tambahkan lampiran, tambahkan tautan url, ubah emotikon ( : D ), tambahkan file dari Google Drive, tambah gambar, aktifkan mode rasasia, dan tanda tangan.
  6. Jika sudah lengkap apa yang mau Kamu kirim, tinggal klik tombol Kirim maka pesan akan ke kirim ke tujuan.

Jika Kamu mau melihat pesan yang sudah Kamu kirim, Kamu bisa klik tombol Terkirim dimenu bagian samping kiri. Akan muncul semua riwayat pesan email yang sudah dikirim.

Jika ingin melihat ada pesan masuk, maka Kamu tinggal klik menu Kotak Masuk di menu samping kiri.

Ada menu Draf, ini isinya email yang tersimpan dan belum terkirim.

kemudian ada menu Ditunda, berisi pesan yang ditunda pengirimannnya.

Ada menu Spam, disini biasanya berisi pesan masuk yang di anggap Gmail sebagai pesan tidak bermanfaat. Isinya bisa penipuan email dan sebagainya. Tapi terkadang email dari teman bisa juga masuk ke Spam, jadi Kamu bisa sesekali mengeceknya.

Menu Sampah ini berisi pesan yang dihapus dan fungsinya seperti Recycle Bin. Email bedanya yang sudah dihapus akan hilang setelah permanen 30 hari. Atau kalau mau lebih cepat Kamu bisa pesan di sampah segera

Mudah ya cara buat email baru di Gmail? Sekarang membuat email, mengirim email dan menerima email sudah sangat mudah.

Semoga informasi cara buat email baru di Gmail ini bisa bermanfaat buat Kamu ya, tunggu panduan berikutnya mengenai Email.