apa-itu-tes-potensi-akademik

Image: canva.com

Apa Itu Tes Potensi Akademik (TPA) Pada UTBK? Berikut Penjelasannya

Dalam menghadapi tes ujian tulis berbasis komputer atau UTBK yang kini menjadi syarat untuk mendaftar pada proses SBMPTN, Kamu akan menghadapi dua jenis tes. Salah satu tes yang ada dalam UTBK tersebut ialah tes potensi akademik atau TPA. Agar Kamu bisa lebih siap untuk menghadapi tes dalam UTBK ini, sebaiknya Kamu mengetahui lebih dulu apakah itu TPA dan sedikit penjelasan mengenai TPA yang akan Kamu hadapi berikut.

1. Pengertian TPA

Soal-soal yang akan Kamu kerjakan dalam TPA merupakan soal-soal untuk mengukur kemampuan dan bakat Kamu dalam bidang akademik. Dari hasil tes TPA ini juga bisa terlihat sejauh mana kemampuan nalar serta komunikasi seorang calon mahasiswa. Kapasitas berpikir ini akan ditentukan berdasarkan pengalaman calon mahasiswa tersebut, baik di dalam ataupun di luar sekolah.

Baca Juga:  10 Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA) Bagi Yang Akan Tes

Ada tiga aspek yang diukur dari seorang calon mahasiswa dalam TPA ini, yaitu aspek verbal, aspek numerikal, serta aspek figural. Penilaian aspek verbal dinilai dari bagaimana kemampuan calon mahasiswa tersebut dalam bernalar serta memahami penggunaan kosakata dan perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia.

Sementara aspek numerikal dinilai dari kemampuan calon mahasiswa tersebut dalam proses bernalar dan pemahamannya dengan hal-hal yang berkaitan dengan angka dan hitungan. Sementara aspek figural dinilai dari kemampuan calon mahasiswa dalam pemahaman dan penggunaan nalarnya untuk hal-hal yang berkaitan dengan gambar.

Baca Juga:  10 Perbedaan TPA Dan TPS Pada UTBK Yang Perlu Kamu Tau

2. Jenis Tes Dalam TPA

Dalam tes potensi akademik atau TPA yang akan Kamu hadapi, Kamu akan diberikan beberapa jenis soal dengan tipe yang berbeda. Misalnya tes verbal, yang merupakan tes untuk mengukur kemampuan Kamu dalam hal-hal yang berkaitan dengan bidang kata atau bahasa.

Beberapa contoh soal dalam jenis ini diantaranya seperti soal persamaan kata atau sinonim, lawan kata atau antonim, dan padanan hubungan kata. Kemudian ada tes angka yang mengukur kemampuan Kamu dalam berpikir terstruktur dan logis melalui soal-soal matematis, seperti tes seri angka, tes logika angka, aritmatika, dan juga soal cerita yang berkaitan dengan hitungan.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Soal Tes Potensi Akademik (TPA) Dan Fungsinya

Selanjutnya ada jenis soal untuk tes logika. Tes ini bertujuan mengukur kemampuan Kamu dalam memecahkan suatu permasalahan melalui logika yang masuk akal, seperti tes-tes logika umum, tes logika cerita, tes logika diagram, dan tes logika kesimpulan dari sebuah analisa pernyataan atau silogisme.

Terakhir ada jenis tes spasial atau gambar yang akan mengukur kemampuan daya logika ruang. Dalam jenis soal ini Kamu akan mendapat soal seperti tes seri gambar, tes identifikasi gambar, atau tes pengelompokan gambar.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tes potensi akademik atau TPA yang menjadi salah satu tes yang akan dihadapi bagi Kamu yang mendaftarkan diri untuk mengikuti tes UTBK.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *