Apa Itu Hakim

Image: canva.com

Apa Itu Hakim ? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Hakim

Apa yang terlintas di pikiran Kamu ketika mendengar profesi hakim? Pasti Kamu akan langsung tertuju pada sebuah pengadilan. Agar Kamu lebih mengetahui mengenai apa itu hakim, berikut beberapa penjelasan mengenai profesi hakim yang bisa menambah wawasan Kamu.

1. Pemimpin Dalam Pengadilan

Hakim merupakan seseorang yang menjadi pemimpin dalam pengadilan. Kamu yang berprofesi sebagai hakim bertugas memimpin jalannya sidang dan memberi putusan atas suatu kasus yang masuk ke pengadilan.

2. Bisa Bekerja Di Berbagai Pengadilan

Hakim juga bisa bekerja dalam beberapa jenis pengadilan. Hakim bisa bekerja pada pengadilan umum, pengadilan agama, pengadilan tata usaha, atau juga hakim militer yang bekerja di lingkungan pengadilan militer.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Hakim Sebagai Pilihan Karir

3. Tidak Boleh Menangani Kasus Keluarga

Seorang hakim juga harus mengundurkan diri jika kasus yang ditangani masih memiliki hubungan keluarga dengan dirinya atau dia memiliki kepentingan tersendiri dalam kasus tersebut. Hal ini juga telah diatur dalam undang-undang.

4. Diberi Jaminan Keamanan Dan Kesejahteraan

Selama menangani sebuah kasus tertentu di tingkat pengadilan, seorang hakim juga akan mendapatkan jaminan keamanan serta kesejahteraan untuk dirinya dari negara.

5. Memiliki Jenjang Karir

Penjelasan mengenai apa itu hakim selanjutnya adalah mengenai jenjang karir dari profesi ini. Seorang hakim akan memiliki jenjang karir mulai dari hakim pratama, hakim pratama muda, hakim pratama madya, hakim pratama utama, hakim madya pratama, hakim madya muda, hakim madya utama, hakim utama muda, dan hakim utama.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Hakim

6. Memiliki Latar Belakang Ilmu Hukum

Seorang hakim juga harus memiliki latar belakang pendidikan dalam ilmu hukum untuk bisa menjalani profesi sebagai hakim di pengadilan.

7. Memiliki Undang-Undang Tersendiri

Profesi sebagai hakim juga diatur sedemikian rupa dalam suatu undang-undang khusus yaitu undang-undang kekuasaan kehakiman yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan profesi hakim.

8. Profesi Dengan Gaji Tinggi

Profesi sebagai hakim juga dikenal dengan salah satu profesi yang memiliki kisaran gaji cukup tinggi, terlebih jika hakim tersebut telah menjadi hakim senior dan telah menempuh seluruh jenjang karir hakim.

Baca Juga:  Tahapan Menjadi Hakim Yang Perlu Kamu Ketahui

9. Memiliki Wewenang Tertinggi

Hakim juga merupakan orang yang memiliki wewenang tertinggi dalam pengadilan dimana hakim berwenang untuk memberikan sebuah putusan atas suatu kasus yang masuk ke pengadilan.

10. Terkait Dengan Kode Etik

Dalam menjalani profesinya untuk memimpin persidangan dan menentukan sebuah putusan untuk suatu kasus, seorang hakim juga akan terikat dengan berbagai kode etik seorang hakim yang harus dipenuhinya. Diantaranya adalah seorang hakim harus adil dan tidak membeda-bedakan orang dalam memutuskan suatu kasus serta harus selalu memegang prinsip asas praduga tak bersalah.

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Hakim Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu hakim dan bagaimanakah menjalani profesi sebagai seorang hakim untuk informasi bagi Kamu yang ingin menjadi hakim.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *