Alasan Memilih Kuliah D3

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Kuliah D3 Bagi Kamu Yang Masih Ragu

Setelah lulus dari masa sekolah SMA atau sederajat, Kamu mungkin bingung mau memutuskan kuliah atau bekerja. Kalau Kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi pun, jenjang pendidikan S1 atau D3 sering membuat dilema. Biar Kamu tidak pusing berkepanjangan hingga masa SPMB lewat, sebaiknya mempertimbangkan 10 alasan memilih kuliah D3 setelah lulus SMA berikut ini.

1. Rentang Masa Studi Lebih Singkat

Dilihat dari lama belajar, kuliah D3 lebih singkat dibandingkan dengan S1 yang butuh waktu 4 tahun. Biasanya mahasiswa D3 bisa lulus dalam kurun waktu 2,5 tahun saja. Tentu hal ini tergantung dengan kemampuan Kamu juga. Kalau bisa lulus kuliah lebih cepat, kenapa tidak?

2. Fokus Pembelajaran Yang Lebih Spesifik

Sebenarnya Kamu harus mempertimbangkan jurusan kuliah yang sesuai minat atau passion. Jangan sampai Kamu ambil jurusan yang tidak sesuai alias hanya ingin masuk universitas ternama saja. Misalnya Kamu ambil jurusan fashion design, sebaiknya pilih kuliah D3 yang langsung berkaitan dengan lapangan dibandingkan S1.

3. Mengedepankan Praktik Dibandingkan Teori

Sebenarnya alasan memilih kuliah D3 dibandingkan S1 adalah Kamu bisa memiliki banyak pengalaman sebab lebih memprioritaskan praktik dibandingkan sarjana yang lebih banyak teori. Tentu dua hal ini saling berkaitan sehingga harus dikuasai dengan baik ya!

4. Memiliki Lebih Banyak Pengalaman Terjun Ke Lapangan

Kenapa lulusan D3 lebih banyak direkrut perusahaan besar? Sebab mereka telah terbukti memiliki kapabilitas di bidang pengalaman kerja. Anak-anak D3 lebih sering terju ke lapangan secara langsung lho!

5. Penguji Yang Lebih Berpengalaman Di Jenjang Pendidikan D3

Para staf pengajar di jenjang pendidikan D3 merupakan tenaga ahli yang berpengalaman sehingga Kamu bisa belajar banyak hal. Sebaliknya, dosen sarjana lebih banyak mengajarkan teori dan riset dibandingkan staf pengajar yang bekerja di bidang tersebut.

6. Memiliki Kesiapan Kerja Yang Teruji

Berkaitan dengan poin nomor 4, lulusan diploma lebih siap kerja karna banyak terjun ke lapangan. Tak heran kalau ada proses open recuritmen, lulusan D3 memiliki skill yang mumpuni dan menarik minat banyak perusahaan.

7. Memiliki Jenjang Karir Terbuka

Kata siapa anak lulusan D3 bakal menjadi bawahan sarjana? Tidak juga kok. Selama Kamu punya pengalaman dan kemampuan bekerja maksimal, mitos tersebut bisa berlaku sebaliknya lho! Toh, Kamu masih memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

8. Lowongan Pekerjaan Yang Masih Terbuka Lebar

Kebanyakan perusahaan membuka syarat lowongan pekerjaan minimal D3 dan S1 kok, jadi Kamu tidak perlu ragu masalah pekerjaan. Bahkan, BUMN sekelas PLN pun membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan D3.

9. Lulusan D3 Bisa Lebih Percaya Diri

Berbekal pengalaman, praktik dan ilmu terjun ke lapangan langsung, lulusan D3 tak perlu minder. Kamu malah lebih percaya diri dengan semua kemampuan yang dimiliki. Tak harus menjadi seorang pekerja, Kamu juga memiliki potensi besar menjadi pengusaha karena memiliki pengalaman di lapangan langsung lho!

10. Biaya Lebih Murah

Alasan memilih kuliah D3 adalah faktor biaya yang lebih murah. Hal ini dikarenakan rentang pendidikan yang lebih cepat dibandingkan S1. Namun, masalah biaya tentu saja opsional tergantung universitas atau PT yang Kamu pilih.
10 alasan memilih kuliah D3 dibandingkan program S1 di atas wajib Kamu pertimbangkan lebih serius. Pilih jurusan kuliah yang sesuai keinginan dan minat agar Kamu bisa enjoy menjalani program pendidikan nanti ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *