Tugas Masinis

Image: canva.com

10 Tugas Masinis Yang Perlu Kamu Pahami Sebagai Referensi

Tugas masinis bukan hanya sebagai pengendali kereta api saja, melainkan mencakup berbagai hal teknik juga. Bahkan masinis terkadang juga akan berurusan dengan penumpang. Berikut 10 tugas utama masinis yang perlu Kamu ketahui dan pahami sebelum memutuskan menapaki karir di bidang ini:

1. Memeriksa Mesin Dan Keadaan Umum Kereta

Tugas seorang masinis dimulai sebelum keberangkatan, dimana harus memeriksa keadaan mesin dan kereta perjalanan dimulai. Memastikan semua berjalan baik merupakan tanggung jawab yang dipikul semua masinis.

2. Memastikan Bahwa Muatan Barang Sudah Benar

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Masinis Sebagai Pilihan Karir

Masinis juga memiliki tanggung jawab untuk memeriksa muatan barang apakah sudah sesuai dengan catatan atau tidak. Apabila muatan melebihi kapasitas, maka masinis harus berkoordinasi bersama kondektur dan staf lain untuk mengurangi muatan.

3. Mencari Informasi Apakah Ada Masalah Pada Rute

Sebelum berangkat rute perjalanan juga harus diperhatikan dan menjadi tanggung jawab masinis untuk memastikan apakah ada masalah dengan rute yang akan dilalui sehingga bisa mencari alternatif rute lain sebagai pilihan.

4. Mengikuti Sinyal

Masinis juga harus selalu mengikuti sinyal yang diberikan dari ruang kontrol guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Masinis

5. Menjaga Kereta Tetap Terkendali Setiap Saat

Tugas masinis berikutnya adalah menjaga kendali kereta agar dapat berjalan dalam kecepatan yang tepat selama perjalanan hingga mencapai tujuan. Kestabilan kereta akan menjaga penumpang tetap nyaman dan muatan tetap terjaga dari goncangan berlebihan.

6. Mengikuti Peraturan Keselamatan

Peraturan keselamatan selalu harus menjadi hal utama yang harus dilaksanakan masinis. Seorang masinis harus menjalankan tugasnya sesuai standar operasional yang berlaku dengan memperhatikan peraturan keselamatan.

7. Membuat Pengumuman

Masinis juga memiliki tugas membuat pengumuman kepada penumpang mengenai hal-hal berkaitan dengan perjalanan, terutama apabila terdapat kendala yang membuat perjalanan tertunda atau terhenti.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Masinis Yang Bisa Kamu Coba Sebagai Referensi

8. Mengontrol Instrumen Dalam Kereta

Segala instrumen yang berada di ruang kabin kendali kereta merupakan tanggung jawab masinis. Mengontrol semua bagian di ruang kendali menjadi tugas utama seorang masinis, termasuk penggunaan rem untuk situasi darurat.

9. Membuka Otomatis Untuk Penumpang Ketika Berada Di Stasiun

Pintu kereta untuk penumpang merupakan pintu otomatis yang hanya bisa dibuka melalui ruang kendali masinis. Jadi, sudah menjadi tanggung jawab masinis untuk membuka pintu ketika mencapai stasiun dan menutupnya kembali saat kereta hendak berangkat.

10. Memperingatkan Pusat Kendali Ketika Terlihat Bahaya

Baca Juga:  Apa Itu Masinis? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Masinis

Masinis juga harus selalu memperhatikan keadaan rute ketika melajukan kereta. Apabila terdapat kejanggalan di rute atau melihat hal yang tidak seharusnya di jalur kereta lain, masinis wajib melaporkannya ke pusat kendali sehingga dapat dilakukan penangan sesegera mungkin.

Menjadi seorang masinis tidaklah mudah, ada tanggung jawab yang harus diemban dan kewajiban yang harus dijalankan. Berbagai tugas masinis di atas hanya sebagian dari tanggung jawab seorang masinis yang harus Kamu ketahui dan pahami dengan baik.