Memilih Pondok Pesantren

Image: canva.com

10 Tips Memilih Pondok Pesantren yang Tepat Untuk Anak

Memilih Pondok Pesantren adalah salah satu alternatif bagi anak yang ingin belajar agama lebih mendalam. Selain itu, ini menjadi pilihan banyak orangtua agar nantinya anaknya lebih pandai agama daripada orangtuanya. Cara yang menjadi alternatif terakhir dalam menentukan pendidikan anak.

Memasukkan anak ke Pondok Pesantren kebanyakan dilakukan oleh orangtua karena anaknya nakal. Anak akan lebih mandiri jika sekolah di sana, karena ilmu disiplin di Pondok Pesantren yang sangat tinggi. Penggunaan ilmu di sana bukan hanya teori saja, melainkan juga dipraktikkan serta diawasi secara langsung.

Namun memilih Pondok Pesantren bukan hanya karena anak yang nakal, melainkan juga karena Kamu ingin anakmu lebih banyak menyerap ilmu agama. Mumpung masih kecil, Kamu akan memasukkan anakmu ke Pondok Pesantren sejak jenjang MI atau SD.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Sekolah Islam Terpadu (SDIT, SMPIT, SMAIT)

Berikut adalah 10 tips yang perlu Kamu perhatikan dalam memilih Pondok Pesantren, jangan sembarangan memilih :

1. Pilih Pondok Pesantren yang sudah terkenal bagusnya. Semua Pondok Pesantren itu bagus, namun akan lebih bagus jika Kamu sendiri yang mengumpulkan informasi secara langsung.

2. Pilihkan Pondok Pesantren yang dekat rumah. Di dalam kota saja lebih baik agar Kamu tidak jauh-jauh saat menjenguk. Selain itu adalah karena Pondok Pesantren yang tidak kalah berkualitas.

3. Memilih Pondok Pesantren yang memiliki citra bagus di masyarakat. Dalam hal ini, pondok yang mau bersosial, sehingga anak Kamu nantinya bisa menjadi pribadi yang berhati sosial.

4. Bukan memilihkan pondok yang terlalu fanatis. Hal ini terkait dengan sekolah yang mendalami pelajaran tertentu dan sifatnya berat. Ini bisa dijalani jika anak sudah dewasa. Kalau masih kecil lebih baik dimasukkan pondok biasa yang melatih karakter anak.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah Dasar Islam Yang Tepat Untuk Anak

5. Membuat perjanjian kepada anak bahwa anak sudah setuju masuk pondok. Ini akan membuat anak bertanggung jawab akan apa yang dilakukannya, mengingat banyak kasus anak tidak betah di pondok.

6. Pilih pondok khusus putri atau khusus putra sesuai jenis kelamin anak. Ini lebih membuat anak nyaman dan aman.

7. Pilih pondok yang berprestasi. Walaupun sekelas pondok, prestasi harus dipertimbangkan, karena anak pondok juga kreatif dan butuh di asah kreativitasnya.

8. Memilih Pondok Pesantren yang dinamis. Ini kaitannya dengan Pondok Pesantren yang modern. Pondok yang modern akan mendidik santrinya sesuai dengan perkembangan jaman karena memang generasinya untuk kemajuan jaman.

9. Pilih pondok yang mampu dijangkau dari segi biaya. Anak tidak akan pulang kalau sekolah di Pondok Pesantren. Pilih pondok pesantren yang biaya administrasinya murah dan biaya hidup yang terjangkau.

Baca Juga :  Pilih Sekolah Islam Terpadu Atau Madrasah? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Kamu

10. Membawa anak mengunjungi area pondok pesantren sebelum benar-benar mendaftarkan diri agar anak tahu bagaimana keadaan dan situasi di pesantren.

Gambaran untuk menimba ilmu di pondok pesantren harus dibayangkan oleh anak. Kedisiplinan menjadi hal nomor satu. Maka dari itulah, orangtua harus membantu memilih Pondok Pesantren yang cocok untuk anak.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *