Memilih Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Image: [Edi Susilo] canva.com

Memilih Madrasah Tsanawiyah (MTs) Untuk Anak, Ada 10 Tips

Saat anak mulai masuk MTs, maka anak sudah beranjak remaja. Selama 6 tahun anak belajar di MI yang telah kamu pilihkan. Maka kini untuk sekolah di MTs, ada baiknya kamu memilihkan namun tetap meminta pertimbangan mereka. Pelajari tips-tips memilih Madrasah Tsanawiyah yang lebih banyak sehingga kamu bisa mengambil langkah yang tepat. Berikut adalah tips-tips memilih Madrasah Tsanawiyah untuk anak yang tepat:

1. MTs yang dekat dengan rumah. Saat seperti saat memilihkan MI untuk anak. Ini dikarenakan setelah MI, anak masih belum dewasa. Kalau sekolah jauh dan kamu tidak sempat mengantarnya, anak belum boleh naik sepeda motor sendiri. Kalau dekat, anak bisa naik sepeda.

2. Memasukkan anak ke MTs yang berprestasi. Ini adalah tips memilih Madrasah Tsanawiyah yang sangat penting. Kaitannya jelas untuk memberikan kualitas pendidikan anak yang berkualitas. Anak akan terpacu motivasinya untuk berprestasi juga.

Baca Juga :  Memilih MA Setelah Lulus MTs yang Tepat Untuk Anak, Ada 10 Tips

3. Membawa anak untuk membayangkan hasil yang didapatkan setelah sekolah di MTsAnak selain pintar teori atau materi pelajaran, anak juga akan lebih paham tentang tata cara beragama dan beribadah yang baik tanpa harus masuk pondok pesantren.

4. Melihat kualitas pengajarnya di MTs tersebut. Lihat kualitasnya dalam mengajar dan prestasinya dalam membawa anak menjadi lebih baik. Setidaknya berkualifikasi S1 adalah wajib dan berkualitas dari segi akhlaknya.

5. Mencari sekolah MTs yang terbuka. Tips memilih Madrasah Tsanawiyah yang satu ini penting, karena orang tua pasti sangat membutuhkan informasi dari pihak sekolah tentang perkembangan anak selama di sekolah. Selain itu, sekolah yang terbuka adalah sekolah yang siap sedia menerimanya kritik dan saran dari masyarakat, utamanya orang tua wali murid siswa.

Baca Juga :  Memilih Sekolah Setelah Lulus MTs Yang Tepat Untuk Anak, Ada 10 Tips

6. Memilihkan MTs yang tidak mengekang. Walaupun masih murid baru harus mengikuti hal-hal yang sulit seperti saat MOS, akan menjatuhkan mental anak. Pastikan kamu menggali informasi terhadap sistem MOSnya.

7. Menanyakan dan mengamati sendiri kualitas alumni dari MTs. Tips Memilih Madrasah Tsanawiyah kaitannya adalah sekolah menengah selanjutnya yang akan ditempuh. Jika kebanyakan alumni masuk ke sekolah bagus atau favorit, maka kamu sudah tidak salah pilih.

8. Bertanya kepada teman yang anaknya sudah sekolah di MTs target. Ini akan memberikan gambaran jelas kepada kamu dan anak kami.

9. Mengajak anak berunding. Inilah puncak dari tips memilih Madrasah Tsanawiyah yang penting dan harus dilakukan. Pastikan anak setuju dan kamu bisa langsung memutuskan.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Masuk SMP Dan Biaya SPP SMP Sederajat

10. Memilihkan MTs yang satu sekolah dengan saudara kandung atau saudara lainnya. Yang terpenting ada yang dititipi sehingga kamu pun akan tenang beraktivitas

Jenjang MTs menjadi jenjang yang mendekatkan anak ke ke jenjang sekolah Menengah Atas. Masa depan anak pun semakin dekat, sehingga mengamalkan tips-tips Memilih Madrasah Tsanawiyah tersebut penting untuk dilakukan.



Pada kategori 04 SMP/MTs

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *