Memilih Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

Image: canva.com

Memilih Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Untuk Anak, Ada 10 Tips

Memilih Madrasah Aliyah Kejuruan adalah jenjang pendidikan anak setelah lulus MTs atau SMP. Jenjang ini adalah untuk anak yang mau bekerja atau berwiraswasta setelah lulus sekolah. Ada ilmu dan bekal ketrampilan yang akan didapatkan anak di sini. Saat lulus anak diharapkan bisa mandiri dengan ketrampilan yang didapatkan itu.

Peminat untuk Memilih Madrasah Aliyah Kejuruan kini selain tinggi, karena masyarakat sadar akan tingginya kebutuhan pasar akan keremapilan calon pekerja. Orangtua bisa memilihkan MAK atau Madrasah Aliyah Kejuruan di manapun sesuai dengan kesepakatan dengan anak dan keluarga. Berikut salah 10 tipsnya :

1. Pelajari jurusan yang ada di dalam MAK. Cocokkan dengan minat dan bakat anak. Pastikan anak suka sehingga nyaman dalam belajar.

Baca Juga :  10 Tips Memilih SMK Setelah Lulus SMP Yang Tepat Untuk Anak

2. MAK yang tidak jauh dari rumah menjadi hal yang ternyaman bagi orang tua. Tidak perlu pikir panjang, karena orang tua bisa mengontrol anak dari rumah. Mengingat pergaulan yang semakin berkembang.

3. Memilih Madrasah Aliyah Kejuruan yang menerapkan aturan tidak memperbolehkan anak membawa HP. Ini penting, karena usia remaja adalah usia rawan.

4. MAK yang memiliki banyak prestasi rutin setiap tahunnya. Bahkan prestasi yang semakin bertambah. Dengan demikian, anak akan diajari untuk mengembangkan diri sehingga berprestasi sesuai dengan bakatnya.

5. MAK yang ramah, dalam hal ramah saat bersosialisasi dan juga ramah terhadap lingkungan. Sekolah Adipura adalah bentuk dari bukti kepedulian sekolah terhadap alam sekitar.

Baca Juga :  Mau Daftar Ke SMK? Ini Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk SMK

6. MAK yang memiliki jam belajar wajar.Benar jika jam belajarnya adalah full day, namun jangan sampai memforsir anak. Pastikan. Jam belajarnya sudah standart.

7. MAK yang gurunya ramah serta fleksibel. Memilih MAK yang guru ya bisa menjadi teman.

8. MAK yang mudah dijangkau, baik jurusannya dan juga biayanya. Ini penting, karena bagian dari komponen menyekolahkan anak. Biaya yang terjangkau tidak akan membebani ornagtua. Jurusan yang mudah dijangkau akan memudahkan anak.

9. Memilih MAK Kejuruan dari banyaknya masukan. Mencari pendapat orang lain, entah keluarga atau teman adalah hal yang paling tepat. Semakin banyak yang diminati pendapat, maka akan semakin matang keputusannya. Tidak perlu khawatir dan kebingungan, karena yang diambil adalah yang perlu-perlu saja.

Baca Juga :  Perbedaan SMA Dan SMK Yang Perlu Kamu Tahu

10. MAK yang terkenal. Dalam hal ini bukan karena bonafitnya, karena terkenal akan image baiknya, kualitas lulusannya, dan juga prestasinya. MAK yang berprestasi akan membawa siswanya berprestasi, karena memiliki banyak bidang pengembangan selain jurusan. Image baik adalah terkait dengan penulisan masyarakat. Untuk kualitas alumni, bisa ditelusuri lewat kesuksesannya di bidang kerja.

Memilih Madrasah Aliyah Kejuruan adalah wujud pengarahan terhadap anak. Hindari mengambil keputusan sendiri. Tetap libatkan anak, sehingga anak bisa berkembang sesuai dengan apa yang dilakukannya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *