Syarat Daftar UTBK

Image: canva.com

10 Syarat Daftar UTBK Yang Perlu Kamu Penuhi Di Awal

Bagi Kamu yang ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri, maka Kamu harus mengikuti proses seleksi seperti SBMPTN. Untuk bisa lolos seleksi tersebut, Kamu juga harus mengikuti ujian tulis berbasis komputer atau UTBK dan melengkapi persyaratannya. Berikut beberapa syarat daftar UTBK yang harus Kamu penuhi sebagai informasi Kamu.

1. Syarat Pendidikan

Untuk mengikuti UTBK Kamu harus memenuhi syarat sebagai siswa SMA atau sederajat lainnya dan berada di kelas XII pada tahun ajaran tes tersebut dilaksanakan atau bisa juga lulusan paket C tahun tersebut dan bisa juga merupakan lulusan dua tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Perbedaan UTBK Dan SBMPTN Yang Perlu Kamu Tau

2. Usia Maksimal

Kamu yang ingin mengikuti UTBK juga harus memenuhi persyaratan usia, dimana usia maksimal pendaftar yaitu tidak boleh lebih dari 25 tahun.

3. Membuat Akun LTMPT

LTMPT adalah lembaga tes masuk perguruan tinggi yang akan menjadi penyelenggara tes UTBK. Maka, sebagai peserta tes Kamu harus memiliki akun LTMPT yang telah terdaftar.

4. Memilih Lokasi UTBK

Tes UTBK merupakan tes yang pelaksanaannya cukup fleksibel dimana Kamu bisa memilih sendiri dimana lokasi tes Kamu. Maka, sebelum mengikuti tes Kamu harus memilih lokasi UTBK yang akan Kamu ikuti.

Baca Juga:  10 Tips Lolos UTBK Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

5. Membayar Biaya Pendaftaran

Syarat daftar UTBK selanjutnya adalah membayar biaya pendaftaran. Syarat ini diperlukan bagi Kamu yang memilih jalur UTBK berbayar. Setelah itu Kamu juga harus mencetak struk pembayaran.

6. Memiliki KIP Kuliah

Untuk mengikuti tes UTBK, Kamu juga harus sudah memiliki identitas berupa KIP kuliah. Bagi Kamu yang belum memiliki KIP kuliah, Kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar memiliki KIP kuliah.

7. Memilih Program Studi

Kamu juga harus memilih program studi pada akun LTMPT Kamu sebelum Kamu mengikuti tes UTBK. Program studi yang dipilih sebanyak dua program studi, baik dari satu perguruan tinggi yang sama ataupun dari perguruan tinggi yang berbeda.

Baca Juga:  10 Tips Belajar UTBK Agar Lancar Dengan Skor Tinggi

8. Mengunggah Portofolio

Ada beberapa pilihan program studi yang mengharuskan calon mahasiswa atau pendaftarnya memiliki dan mengunggah portofolio. Untuk Kamu yang memilih program studi tersebut, maka Kamu harus mempersiapkan portofolio diri dan mengunggahnya di akun LTMPT Kamu.

9. Melakukan Konfirmasi

Setelah selesai mendaftarkan akun Kamu, maka Kamu juga harus melakukan konfirmasi mengenai pendaftaran Kamu dan menyimpan secara permanen data diri pada akun LTMPT tersebut.

10. Mencetak Kartu Pendaftaran

Kamu juga harus mencetak kartu pendaftaran tes UTBK dan kartu tersebut harus Kamu bawa ketika menghadiri pelaksanaan tes UTBK pada lokasi yang telah Kamu pilih.

Baca Juga:  Apa Itu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)? UTBK adalah ...

Itulah beberapa syarat daftar UTBK yang perlu Kamu persiapkan dan Kamu lakukan agar bisa mengikuti seluruh proses tes tersebut untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri. Semoga ulasan di atas bisa membantu Kamu yang masih bingung mengenai persayaratan mendaftar UTBK.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *