Politeknik Terbaik Di Indonesia 2019

Image: canva.com

10 Politeknik Terbaik Di Indonesia 2019 Yang Bisa Kamu Coba Daftar

Politeknik merupakan jenjang pendidikan perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dari beberapa rumpun ilmu. Sama seperti universitas, politeknik juga ada yang berstatus swasta ada pula yang berstatus negeri. Kualitas yang ditawarkan juga tidak kalah dengan kampus ternama lainnya. kampus-kampus politeknik terbaik di Indonesia 2019 pun tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke.

Untuk Kamu yang tertarik kuliah di Politeknik, berikut ini adalah 10 kampus politeknik terbaik di Indonesia 2019 yang bisa Kamu pilih.

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

PENS merupakan kampus yang fokus pada bidang ilmu elektro. Kamu yang tertarik pada bidang ilmu robotika, PENS bisa jadi tempat menimba ilmu paling tepat. Kampus ini sebanyak 12 kali berturut-turut telah memenangkan kontes robotika.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Politeknik Bagi Kamu Yang Masih Ragu

2. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)

Kampus yang terletak di Bandung ini tidak hanya memiliki program studi teknik saja, namun juga memiliki prodi kelompok tata niaga, seperti akuntansi, administrasi negara, dan bahasa Inggris.

3. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)

Kampus yang berikutnya ada di kota Malang. Kampus ini menyelenggarakan prodi jenjang D3 dan DIV. Prodinya beragam, mulai dari yang bidang teknik hingga akuntansi.

4. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

POLINES terletak di Semarang. Sebelum 1997, POLINES bernama Politeknik UNDIP karena merupakan bagian dari UNDIP. Kampus ini menyelenggarakan pendidikan tingkat D3 dan DIV.

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP)

Perguruan tinggi negeri ini terletak di provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Lima Puluh Kota. Hingga saat ini, kampus ini memiliki 3 jurusan, yaitu teknologi pertanian, budidaya tanaman perkebunan, dan budidaya tanaman pangan.

Baca Juga:  Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi Dan Politeknik

6. Politeknik Negeri Ujung Pandang (POLIUPG)

Kampus ini terletak di kota Makassar, Sulawesi Selatan. POLIUPG ini memiliki 6 jurusan, termasuk akuntansi dan administrasi negara.

7. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

PNJ juga merupakan salah satu kampus yang terbaik. Kampusnya terletak berdekatan dengan kampus UI. PNJ bekerja sama dengan B2PLKLN dan Asia e-University Malaysia untuk menjalankan proses perkuliahan.

8. Politeknik Negeri Padang (PNP)

Sebelum tahun 2012, PNP bernama Politeknik Negeri Andalas. Kampus negeri yang terletak di Padang ini memiliki 12 prodi D3 dan 10 prodi D4.

9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (POLIPANGKEP)

Perguruan tinggi negeri ini terletak di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan. POLIPANGKEP menyelenggarakan pendidikan di jenjang D3 dan D4 yang fokus pada bidang pertanian dan perikanan.

Baca Juga:  Tips Memilih Politeknik Sebagai Pertimbangan Mau Kuliah Dimana

10. Politeknik Negeri Bali (PNB)

PNB terletak di kabupaten Badung, Bali. Ada 6 jurusan yang bisa dipilih di PNB, yaitu teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, akuntansi, administrasi niaga, dan pariwisata.

Nah, itulah 10 politeknik terbaik di Indonesia 2019. Dengan memilih politeknik sebagai tempat berkuliah, proses perkuliahan yang Kamu jalani akan lebih fokus pada praktek daripada teori. Dengan demikian, ketika lulus nanti Kamu sudah siap terjun di dunia kerja.