Peluang Atau Prospek Kerja Transportasi Laut

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Transportasi Laut Dan Gajinya

Jurusan Transportasi Laut memang terdengar kurang populer di telinga dibandingkan dengan jurusan favorit lain. Banyak anak lulusan SMA yang kurang tertarik masuk ke jurusan satu ini. Padahal, prospek kerja Transportasi Laut sangat besar mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan. Mau mempertimbangkan masuk jurusan Transportasi Laut sebagai pilihan masa depanmu?

1. Kementerian Kelautan Dan Perikanan

Kamu bisa menjadi pegawai di Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan nominal gaji bervariasi tergantung golongan. Namun, data terbaru menunjukkan bahwa PNS yang berada dibawah kementerian ini mendapatkan tunjangan dari 2,5-33 juta lho!

2. Kementerian Perhubungan Dan Dinas Perhubungan

Bisa jadi keahlian Kamu dibutuhkan dalam hal kebijakan pembuat hukum, regulasi dan transportasi dibawah Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan. Jelas bayaran PNS di kementerian ini cukup besar mencapai angka jutaan rupiah tergantung golongan.

3. Perusahaan Pelayaran

Ahli transportasi laut berkesempatan bekerja di perusahaan pelayaran baik milik negara atau swasta. Gaji yang ditawarkan untuk ahli transportasi laut yang memegang berbagai peranan seperti pemimpin proyek, riset dan lain-lain sangat besar. Di sektor swasta, kemampuan Kamu dihargai dengan nominal dua digit lho!

4. Kepelabuhan Dan Galangan Kapal

Prospek bekerja di Kepelabuhan atau Galangan Kapal sangat besar melebihi staf di industri lain. Kamu bisa mendapatkan gaji mencapai angka jutaan hingga puluhan juta tergantung kebijakan tempatmu bekerja.

5. Perikanan

Kamu juga bisa bekerja di sektor industri perikanan sebagai manajer distribusi atau manajer logistik. Gaji yang ditawarkan sangat besar bisa mencapai angka dua digit seperti manajer distribusi mendapatkan gaji per tahun capai US $ 65,462.

6. Perbankan

Anak Transportasi Laut juga mempelajari ilmu ekonomi, manajemen dan keuangan sehingga berpotensi bekerja di sektor perbankan (Pembiayaan Infrastruktur Maritim). Bekerja di bank menawarkan gaji jutaan hingga belasan juta rupiah per bulan. Prospek kerja Transportasi Laut keren, bukan?

7. Perusahaan Minyak Dan Gas Bumi

Bekerja sebagai staf distribusi atau staf logistik bisa menjadi pilihan untuk Kamu setelah lulus Transportasi Laut. Perusahaan Minyak dan Gas Bumi milik negara atau swasta bisa menjadi pilihan karir setelah lulus. Tak perlu bicarakan gaji sebab masa depanmu terjamin setelah bekerja di perusahaan bonafit.

8. Industri Manufaktur

Industri Manufaktur juga membutuhkan lulusan Transportasi Laut untuk proses pengiriman. Kamu bisa bekerja di bagian distribusi yang akan mengoptimalkan proses pengiriman dan pengadaan bahan baku serta produksi.

9. Tenaga Pengajar

Kalau ingin menjadi seorang tenaga pengajar, Kamu memang harus memiliki kemampuan baik teori dan praktik. Kamu bisa bekerja di Perguruan Tinggi yang membuka jurusan Transportasi Laut seperti ITS.

10. Wirausaha

Semua lulusan dari setiap jurusan kuliah berpeluang menjadi wirausaha termasuk anak Transportasi Laut. Kamu bisa membuka usaha di bidang transportasi atau jenis usaha lain yang tak kalah menguntungkan. Di jurusan ini, Kamu tetap akan belajar ilmu dasar Matematika, ekonomi, akuntansi dan statistik.

Yakin tidak ingin menikmati salah satu prospek kerja Transportasi Laut di atas? Yuk, pilih jurusan yang sesuai passion dan bisa menjanjikan masa depan lebih cerah!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *