Peluang Atau Prospek Kerja Seni Rupa

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Seni Rupa Dan Gajinya

Bagi Kamu yang menyukai dunia seni, khususnya seni rupa. Jangan risau lagi, karena seseorang yang memiliki basic seni rupa akan memiliki banyak prospek kerja seni rupa. Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa bidang ini kurang menjanjikan. Namun, nyatanya, ada banyak pekerjaan yang bisa Kamu coba setelah lulus. Bahkan, beberapa diantaranya bisa membantu sistem keuangan yang dimiliki. Penasaran? Simak 10 prospek kerja seni rupa beserta kisaran gajinya berikut ini:

1. Ilustrator

Pekerjaan ini cukup menjanjikan. Tugas seorang ilustrator adalah menciptakan gambar ataupun ilustrasi untuk kepentingan iklan ataupun mendukung produk perusahaan. Gaji yang bisa Kamu dapatkan berkisar dua jutaan lebih.

2. Perancang Grafis

Dengan menjadi seorang perancang grafis paling tidak Kamu akan mendapatkan sekitar 3 juta rupiah. Tentunya ini menjadi hal yang sangat menarik sekali. Apalagi untuk Kamu yang memiliki keahlian di bidang tersebut.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Rupa Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Desain Interior

Desain interior bukanlah hal yang asing di telinga kita. Jasa ini banyak dibutuhkan karena desain interior rumah menjadi salah satu bagian yang penting. Karena tentunya banyak orang yang menginginkan memiliki rumah dengan desain yang menarik. Jasa seorang desain interior dihargai tinggi berkisar lima juta bahkan lebih.

4. Kurator

Bagi Kamu yang menyukai seni yang bernilai sejarah. Menjadi kurator adalah hal yang bagus. Tugas seorang kurator adalah memilih dan mengurus obyek seni museum ataupun karya yang akan dipamerkan. Paling tidak Kamu akan mendapatkan gaji 4 jutaan.

5. Entrepreneur

Kamu juga bisa menjadikan rasa seni sebagai ladang bisnis. Misalnya dengan membuka galeri sendiri dan memamerkan karya seni di sana. Untuk penghasilannya sendiri tak ada kisaran atau batasan. Tergantung promosi dan tingkat penjualan dari galeri Kamu.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Rupa Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Menjadi entrepreneur selalu lebih menguntungkan walau memiliki lebih banyak resiko. Jika galeri seni Kamu ramai pengunjung, maka bukan hal yang mustahil bisa meraup puluhan bahkan ratusan juta perbulan.

6. Pengajar Bidang Seni

Menjadi seorang guru yang mengajar bidang seni rupa bukanlah hal yang membosankan. Dengan menjadi seorang guru, Kamu bisa mendapatkan paling tidak dua juta sampai lima juta per bulannya.

7. Pelukis

Mungkin banyak orang yang menilai ini kurang menguntungkan. Namun, jika Kamu dapat menghasilkan sebuah lukisan yang menarik bukan mustahil bisa mendapatkan hasil yang banyak pula. Banyak pelukis di dunia yang begitu terkenal dan karya mereka dihargai puluhan bahkan sampai ratusan juta.

8. Kartunis

Menjadi seorang kartunis bukanlah hal yang asing lagi. Perlu banyak inovasi serta jiwa seni didalamnya. Kamu juga bisa mendapatkan upah yang banyak, berkisar antara 4 jutaan lebih.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Rupa Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

9. Webtonist

Siapa yang tak kenal webtoon? Cerita komik bergambar ini sekarang begitu digemari banyak orang. Karena peminatnya yang banyak, maka kesempatan menjadi seorang webtonis juga terbuka lebar. Masalah gaji, Kamu akan mendapatkan gaji yang menarik, berkisar 5 jutaan atau lebih.

10. Buka Usaha Clothing Arts

Clothing arts saat ini sedang populer dan memiliki pamor yang tinggi. Kamu bisa mengaplikasikan senimu di baju. Hal ini juga sangat digemari kaum muda. Jadi, tunggu apa lagi? Selain itu perbulannya Kamu bisa dapat jutaan rupiah tergantung penjualanmu.

Itulah beberapa deretan prospek kerja seni rupa yang bisa Kamu coba. Jadi tidak perlu khawatir harus bekerja di bidang apa ketika lulus nanti bukan?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *