Peluang Atau Prospek Kerja Seni Kriya

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Seni Kriya Dan Gajinya

Bagi Kamu yang memiliki passion di bidang seni, khususnya adalah seni kriya, memiliki banyak sekali prospek kerja seni kriya. Seni kriya adalah suatu bidang seni yang bernilai etnik dan estetik lalu diaplikasikan pada sebuah media. Contohnya, seperti kayu, batu, tanah liat, logam, maupun tekstil. Berikut ini beberapa prospek kerja seni kriya yang bisa Kamu coba :

1. Membatik

Batik adalah salah satu pakain adat indonesia yang sangat digemari dan cocok dikenakan untuk berbagai acara. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar dua jutaan per bulannya jika bekerja dalam sebuah tempat. Jika, Kamu membuka usaha sendiri, maka akan mendapatkan omzet yang lebih bervariasi.

2. Membuka Kerajinan Gerabah

Di jaman dahulu kerajinan ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sekarang perkembangan zaman yang semakin maju membuat benda-benda itu mulai tergeser keberadaannya oleh benda-benda elektronik. Walaupun begitu, jangan khawatir seni gerabahan masih populer dan banyak diminati.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Kriya Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Kamu bisa membuat benda-benda seperti guci atau berbagai benda antik untuk hiasan lainnya. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar dua juta perbulannya atau lebih berdasarkan hasil penjualan.

3. Membuat Kerajinan Anyaman

Menganyam mungkin bisa menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang. Namun, prospeknya masih menjanjikan. Kamu bisa membuat anyaman untuk hiasan maupun keperluan sehari-hari. Paling tidak nantinya akan meraih sekitar dua jutaan per bulannya.

4. Membuat Kerajinan Patung

Bagaimanapun juga, kerajinan patung ini masih banyak yang diburu masyarakat. Jika Kamu berkecimpung di dalamnya, paling tidak Kamu akan meraih sekitar lima juta atau lebih per bulannya.

5. Buat Kerajinan Wayang kulit

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Kriya Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Nah, yang satu ini Kamu pasti sudah tahu. Kamu bisa membuatnya sebagai karya seni dan bisa diletakkan di toko. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar empat jutaan per bulan.

6. Membuat Kerajinan Tenun

Kemampuan Kamu dalam bidang seni juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tenun. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar dua jutaan perbulan.

7. Fabric Designer

Jika yang di atas adalah jenis-jenis prospek dalam berwirausaha. Maka kali ini, Kamu bisa mencoba menjadi seorang fabric designer. Tugasnya adalah mengolah, mengaplikasikan maupun menggabungkan beberapa teknik untuk menghasilkan bahan yang sesuai untuk kebutuhan desain selanjutnya. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar tiga juta per bulannya.

8. Konsultan Designer

Disini Kamu akan bertugas memprediksi tren dimasa mendatang lalu memberi saran dan ide-ide mengenai produk. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 3 juta rupiah setiap bulan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Kriya Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

9. Fashion Designer

Banyak sekali fashion designer yang sukses dan terkenal karena karya-karyanya. Kamu juga bisa mencoba bidang ini. Kamu bisa mendesign sebuah pakaian yang trendi dan menarik untuk dikenakan tentunya. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 4 atau bahkan belasan juta rupiah.

10. Interior Fabric Designer

Interior Fabric designer bertugas untuk membantu design interior untuk mendapatkan material yang cocok agar sesuai dengan dekorasi ruangan. Kisaran gajinya adalah 4 juta rupiah.

Nah, itulah beberapa prospek kerja seni kriya yang bisa Kamu jadikan pilihan nantinya. Dalam bidang ini disarankan agar Kamu bisa berinovasi sendiri dan membuka sebuah usaha. Karena hal ini akan lebih banyak menguntungkan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *