Peluang Atau Prospek Kerja Sastra

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Dan Gajinya

Lulusan dari jurusan sastra bisa kerja jadi apa? Pertanyaan ini mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang sering Kamu ajukan pada dirimu sendiri yang mengambil jurusan sastra. Ini adalah pertanyaan yang lumrah. Peluang atau prospek kerja sastra sebenarnya cukup banyak. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahui kenyataan tersebut.

Untuk Kamu yang mengambil jurusan sastra, baik itu sastra Indonesia, sastra asing, atau sastra daerah, berikut ini ada 10 peluang atau prospek kerja sastra dan gajinya yang bisa Kamu Jadikan Pilihan Karir Di Masa Depan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Sebagai Pilihan Saat Kuliah

1. Penulis Naskah

Yang pertama, lulusan sastra bisa menjadi seorang penulis naskah. Ada berbagai macam jenis naskah yang bisa Kamu tulis, mulai dari naskah drama, naskah cerpen, novel, hingga naskah film. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp2juta per naskah yang Kamu buat.

2. Penerjemah

Untuk lulusan sastra asing, Kamu bisa berkarir menjadi seorang penerjemah. Kamu bisa pilih menjadi penerjemah buku atau naskah-naskah lainnya. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp10.000 per halaman buku.

3. Editor

Peluang atau prospek kerja sastra berikutnya adalah menjadi seorang editor. Untuk Kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia kepenulisan, Kamu bisa memilih karir menjadi editor. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp4juta per bulan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Sebagai Pilihan Saat Kuliah

4. Interpreter

Jika penerjemah atau translator adalah seseorang yang menerjemahkan karya tulis, interpreter berperan sebagai penerjemah lisan. Gaji yang didapatkan mulai dari Rp5juta per bulan.

5. Jurnalis

Selanjutnya, Kamu juga bisa berkarir sebagai seorang jurnalis. Kamu akan menulis berita berdasarkan suatu kejadian nyata dan akan memberitakannya kepada masyarakat luas. Gaji yang didapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari, yaitu mulai Rp3.5juta per bulan.

6. Copywriter

Copywriter merupakan pekerjaan yang masih berhubungan dengan kepenulisan. Kamu akan menuliskan kalimat-kalimat yang biasanya untuk kebutuhan iklan dengan tujuan membuat orang tertarik. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5juta per bulan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Sebagai Pilihan Saat Kuliah

7. Tenaga Pengajar

Salah satu karir jurusan sastra yang banyak dipilih adalah menjadi tenaga pengajar. Kamu bisa berkarir sebagai guru, dosen, atau pengajar di lembaga pendidikan lainnya. Gajinya pun lumayan, yaitu sekitar Rp4juta per bulan.

8. Pemeran Teater

Kalau Kamu jago main drama atau teater, Kamu bisa berkarir sebagai pemain teater. Tidak hanya dikenal, Kamu juga bisa mendapatkan bayaran yang cukup tinggi untuk sekali main.

9. Blogger

Kecanggihan teknologi digital membuka lapangan kerja baru untuk menjadi blogger. Kamu bisa membuat platform sendiri dan menuliskan banyak hal di platform tersebut. Penghasilan yang Kamu dapatkan tergantung iklan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Sebagai Pilihan Saat Kuliah

10. Leksikografer

Peluang atau prospek kerja sastra berikutnya adalah menjadi leksikografer, yaitu orang yang mengedit dan menulis Kamu-Kamus besar. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp3juta per bulan dari pekerjaan ini.

Nah, itulah 10 peluang atau prospek kerja sastra yang bisa Kamu pilih. Kamu bisa ikut berkontribusi di dunia literasi dengan menjadi penulis atau bisa juga berkontribusi di dunia hiburan dengan menjadi pemain teater.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *