Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Prancis

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Prancis Dan Gajinya

Ada banyak universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Sastra Prancis seperti UI, UNNES, UNHAS, UNIBRAW, UNPAD dan masih banyak pilihan lain. Sebelum memutuskan untuk masuk jurusan sastra asing ini, pasti ada banyak orang yang menanyakan rencana karir masa depan Kamu. Sastra Prancis tentu terdengar aneh dibandingkan jurusan favorit lain seperti Ekonomi atau Kedokteran. Ada baiknya Kamu mengetahui 10 prospek kerja Sastra Prancis berikut ini.

1. Kementerian Luar Negeri

Tak hanya jurusan Hubungan Internasional saja yang bisa menjadi staf di kantor Kemenlu atau kantor kedutaan asing, Kamu juga bisa masuk menjadi salah satu bagian dari departemen ini. Kamu memiliki peluang bekerja sebagai staf Kemenlu dengan gaji jutaan rupiah.

2. Tenaga Pendidik

Tingkat pendidikan Strata 1 tentu tidak cukup agar Kamu bisa menjadi seorang pendidik baik guru atau dosen. Kamu harus menguasai bahasa dan sastra Prancis minimal hingga tingkat S2. Gaji seorang guru atau dosen berkualifikasi jelas menggiurkan baik gaji pokok, tunjangan dan insentif lain.

3. Jurnalis

Memiliki kemampuan komunikasi baik lisan atau tulisan bahasa Prancis bisa menjadi modal untuk Kamu yang ingin menjadi jurnalis. Kamu bisa memiliki kesempatan untuk menulis segala hal mengenai Prancis. Gaji seorang jurnalis sangat besar apalagi Kamu memiliki kemampuan berbahasa Prancis yang mumpuni.

4. Penerjemah

Menjadi seorang penerjeman freelance merupakan prospek kerja Sastra Prancis. Kamu bisa mendapatkan bayaran berdasarkan kinerja dan kualitas hasil terjemahan. Harga yang dipatok bisa berdasarkan jumlah kata atau halaman.

5. Peneliti Bahasa Prancis

Kamu bisa memiliki bayaran mahal apabila berhasil menerbitkan sebuah karya atau thesis yang membahas seluk beluk mengenai Prancis baik bahasa, budaya, sejarah atau nilai sosial.

6. Guest Relation Officer

Lulusan Sastra Prancis juga memiliki kesempatan menjadi petugas yang melayani tamu di resor atau hotel berkelas. Kamu bisa menjadi bagian staf Guest Relation Officer yang wajib bekerja dibawah tekanan namun memiliki gaji cukup fantastis.

7. EO

Prospek karir sebagai EO internasional bisa menjadi pilihan masa depanmu yang cerah. Kamu bisa menjadi staf berbagai kegiatan bersifat internasional seperti pameran, festival musik, peluncuran produk dan lain-lain. Gaji seorang EO level internasional bisa mencapai puluhan juta per bulan.

8. Staf Penerbangan

Kamu bisa bergabung menjadi staf penerbangan Prancis sebagai pramugari atau staf pelayanan pelanggan lain. Gaji seorang staf penerbangan level internasional bisa mencapai angka belasan hingga puluhan juta rupiah lho!

9. Lembaga Budaya

Orang yang memiliki kecintaan pada budaya Prancis bisa memilih karir yang sesuai passion. Kamu bisa memilih bekerja di lembaga budaya dengan gaji yang ditetapkan sesuai kebijakan tempat bekerja. Kemahiran berbahasa dan berkomunikasi yang Kamu miliki bisa menjadi alasan lulusan Sastra Prancis bisa mendapatkan gaji yang menarik.

10. Wirausaha

Tak menutup kemungkinan kalau Kamu bakal menjadi seorang wirausaha yang sukses. Kamu bisa semakin mengembangkan bisnis dengan kemampuan komunikasi bahasa asing. Siapa tahu Kamu bakal bekerja sama dengan klien atau investor dari Prancis guna melebarkan sayap bisnis ke ranah internasional.

Kata siapa prospek kerja Sastra Prancis sangat terbatas? Yuk, manfaatkan kemampuan komunikasi dan bahasamu agar bisa meraih impian masa depan lebih cerah!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *