Peluang Atau Prospek Kerja PGSD

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja PGSD Dan Gajinya

Lulus kuliah jurusan PGSD tetapi masih bingung mau kerja apa? Tenang. Ada beberapa prospek kerja PGSD alternatif lainnya untuk Kamu selain jadi guru PNS. Ternyata jurusan PGSD tidak harus menjadi guru SD. Namun, masih banyak bidang lain yang terbuka lebar untukmu. Di bawah ini ada beberapa prospek kerja PGSD diantaranya :

1. Membuka Les Privat Pribadi

Banyak anak-anak sekolah di lingkungan rumah? Nah, hal ini bisa Kamu manfaatkan. Kamu bisa memberikan kursus pada anak-anak di lingkungan rumah. Jika Kamu mematok harga 5000 ribu rupiah saja perjamnya dan berhasil mendapatkan sepuluh murid. Maka, Kamu bisa mendapatkan lima puluh ribu perjamnya. Jika satu hari Kamu mengajar 5 jam, maka hasilnya sudah sangat lumayan bukan?

2. Radio Announcer

Ini sangat cocok untuk Kamu yang suka berbicara dan bercerita menganai dunia pendidikan. Namun, Kamu tidak merasa nyaman jika harus bertemu dengan banyak orang. Jadi, radio announcer adalah salah satu pilihan yang tepat. Untuk gaji sendiri disesuaikan dengan radio masing-masing.

3. Mendirikan Yayasan

Berlatar belakang PGSD tidak menutup kemungkinan untukmu untuk mendirikan sebuah yayasan sendiri. Ini dapat Kamu coba sekaligus membangun sifat kepemimpinan yang terkubur dalam diri. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 10 juta atau lebih sebagai pendiri yayasan.

4. Konselor

Dengan menjadi seorang konselor Kamu dapat membantu para klien untuk menemukan sekolah dan jurusan yang tepat. Latar belakang pendidikan yang Kamu miliki tentu membuat sedikit lebih paham dan lebih peka terhadap kondisi psikologi siswa. Gaji yang diperoleh sekitar 3 juta.

5. Guru SD Negeri

Nah, yang ini sudah pasti menjadi tujuan utama setiap lulusan PGSD. Lulus dengan nilai baik lalu mendapatkan pekerjaan jadi pegawai negeri. Untuk gaji, bisa menyesuaikan tempat dan juga lamanya Kamu mengajar.

6. Guru SD Swasta

Jika Kamu belum beruntung untuk menjadi guru SD di sekolah negeri tak ada salahnya menjadi guru SD di sekolah swasta. keduanya pun sama. Gajinya pun sesuai dengan ketentuan sekolah masing-masing.

7. Guru Ke Daerah-Daerah

Untuk Kamu yang berjiwa sosial tinggi. Kamu bisa menjadi guru yang ditugaskan ke pelosok negeri untuk memperkenalkan pendidikan kepada masyarakat sekitar sana. Dengan begitu, maka Kamu sudah membantu negara ini untuk meratakan tingkat pendidikan setiap penduduknya. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 3 juta per bulan.

8. Guru Yang Mengajar Di Luar Negeri

Menjadi guru yang mengajar anak-anak bangsa yang ada di luar negeri adalah pilihan yang tepat untuk Kamu yang suka traveling sekaligus mencari pengalaman yang beda. Untuk masalah gaji tenang saja, Kamu akan mendapatkan uang kisaran 10 juta atau bahkan lebih setiap bulannya.

9. Ikut Lembaga Bimbel

Hal ini sama dengan point nomor satu. Namun, kali ini Kamu bekerja pada sebuah lembaga bimbel dan mengajar sebagai tutor. Kamu bisa mendapatkan gaji kisaran 2 juta sampai 5 juta.

10. Pegawai Bank

Yang ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 3 jutaan lebih.

Nah, itulah beberapa jenis prospek kerja PGSD yang bisa Kamu coba. Semoga informasi di atas bisa memberikan Kamu pencerahan ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *