Peluang Atau Prospek Kerja Kesehatan

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesehatan Dan Gajinya

Ingin menemukan pekerjaan impian, maka ikuti passion dalam diri Kamu. Kalau Kamu memiliki minat di bidang kesehatan, kenapa tidak ambil jurusan yang relevan? Ada banyak pilihan jurusan Kesehatan yang bisa Kamu pilih di bangku kuliah seperti Kedokteran, Kesehatan masyarakat, Farmasi, Biomedis, dan lain-lain. Peluang atau prospek kerja Kesehatan menawarkan gaji yang cukup menggiurkan.

Sebagai bahan referensi, Kamu bisa mempertimbangkan peluang kerja Kesehatan di Indonesia yang masih potensial berikut!

1. Dokter

Indonesia masih butuh dokter-dokter muda yang siap bekerja di lapangan. Tak hanya kota besar saja, lowongan profesi dokter di daerah atau perbatasan negara masih belum terpenuhi. Gaji seorang dokter umum berkisar 4,8 juta rupiah diluar praktik mandiri, sedangkan dokter spesialis bisa mencapai 10 juta termasuk insentif diluar praktik pribadi. Di kota besar, gaji dokter di rumah sakit swasta mencapai belasan juta rupiah.

Baca Juga:  10 Jurusan Kesehatan Yang Banyak Dibutuhkan Bisa Jadi Pilihan

2. Perawat

Mengambil jurusan D-3 Keperawatan, Kamu bisa menjadi seorang perawat kesehatan dengan gaji 4-7 juta rupiah untuk masa kerja diatas 3 tahun.

3. Bidan

Modal ijazah D-3 Kebidanan, Kamu memiliki peluang bekerja sebagai bidan di daerah atau rumah sakit. Gaji bidan ASN mulai 3,4 jutaan rupiah tergantung golongan belum termasuk insentif atau jasa praktik di luar jam kerja.

4. Apoteker

Lulusan Farmasi dan mengambil profesi Apoteker bisa menikmati gaji berkisar 3,5 juta rupiah per bulan. Gaji yang lebih tinggi ditawarkan untuk apoteker yang bekerja di perusahaan ternama.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Sebagai Pilihan Saat Kuliah

5. Epidemiologis

Merupakan profesi yang bekerja membahas pola kesehatan atau penyakit dan faktor penyebabnya.

6. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Pekerja K3 sangat dibutuhkan dalam perusahaan besar sebab erat berkaitan dengan keselamatan karyawan. Jangan heran kalau gaji K3 cukup fantastis sekitar 10 juta rupiah.

7. Ahli Gizi

Menjadi seorang Ahli Gizi merupakan peluang atau prospek kerja Kesehatan yaitu lulusan jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Kamu bisa mendapatkan tawaran gaji minimal 5 juta rupiah per bulan untuk profesi mentereng ini.

8. Dosen

Kamu bisa memilih profesi sebagai dosen dengan disiplin ilmu Kesehatan. Gaji dosen jutaan rupiah tergantung dengan profesi dosen tetap atau dosen kontrak sesuai kesepakatan dengan pihak kampus.

Baca Juga:  10 Jurusan Kesehatan Yang Banyak Peluang Kerja Bisa Jadi Referensi

9. Administrasi Kebijakan Kesehatan

Lulusan Ilmu Kesehatan Masyarakat bisa bekerja sebagai Administrasi Kebijakan Kesehatan yang bertugas mengelola atau manajemen pelayanan masyarakat. Kamu bisa menjadi manajer rumah sakit atau perusahaan farmasi, pimpinan laboratorium dan alat farmasi, serta masih banyak profesi menarik lain. Gaji yang ditawarkan bisa mencapai 2 digit, lho!

10. Pebisnis

Menjadi pebisnis yang bekerja dengan perusahaan farmasi, kenapa tidak? Lulusan Kesehatan memiliki prospek untuk bekerja di bidang pelayanan kesehatan atau menciptakan produk kesehatan sesuai aturan yang berlaku.

Peluang atau prospek kerja Kesehatan masih cukup tinggi seiring peningkatan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat. Dewasa ini, tenaga kesehatan sangat dibutuhkan terutama di daerah yang butuh dokter dan tenaga muda untuk membangun negeri dari pelosok perbatasan.