Peluang Atau Prospek Kerja Ekonomi

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Ekonomi Dan Gajinya

Ekonomi merupakan jurusan kuliah yang paling banyak diminati lulusan SMA/Sederajat di rumpun SOSHUM. Tak hanya menawarkan minat pembelajaran yang terus berkembang seiring perubahan ekonomi dunia, peluang kerja lulusan Ekonomi di berbagai sektor masih tinggi. Tak heran kalau banyak orang lebih suka memilih jurusan yang memiliki masa depan cerah. Buat Kamu yang masih ragu kuliah jurusan ini, simak peluang atau prospek kerja Ekonomi berikut!

Jangan ragu masuk ke rumpun SOSHUM dengan mengambil prodi Ekonomi sebab Kamu bisa mendapatkan peluang karir yang cemerlang setelah lulus sarjana.

Baca Juga:  Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

1. Ekonom

Kamu yang suka dengan penelitian dan pengamatan masalah ekonomi, profesi sebagai ekonomi yang memecahkan masalah bisa dipertimbangkan. Gaji seorang ekonom berkisar 3 jutaan bisa lebih tergantung kepiawaian Kamu, ya!

2. Juru Taksir

Menjadi seorang juru taksir selepas lulus Ekonomi bisa memberikan prospek karir bagus. Kamu bisa digaji dengan nominal 5 juta rupiah untuk menentukan nilai nyata sebuah properti di perusahaan jasa gadai.

3. Akuntan

Ambil jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi, kenapa tidak? Gaji seorang akuntan di perusahaan berkisar 3.5-7 juta rupiah tergantung kebijakan tempatmu bekerja. Selain itu, Kamu bisa menjadi seorang akuntan independen yang mematok tarif sendiri.

Baca Juga:  Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

4. Pengajar

Peluang atau prospek kerja Ekonomi tidak jauh dari disiplin ilmu yang dipelajari di bangku kuliah. Kamu bisa memilih profesi sebagai tenaga pendidik di SMP atau SMA. Gaji pengajar honorer memang bervariasi tergantung kesepakatan dengan pihak sekolah, tetapi pengajar berstatus ASN mendapatkan gaji pokok dan tunjangan jutaan rupiah.

5. Dosen

Kalau melanjutkan pendidikan lebih tinggi ke jenjang S2, Kamu bisa memilih karir sebagai dosen. Bayaran dosen tetap di universitas cukup mahal sesuai dengan jam mengajar. Gaji jutaan rupiah akan membuat Kamu bisa menikmati hidup lebih tenang dari sisi finansial.

Baca Juga:  Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

6. Analis Manajemen Bisnis

Perusahaan butuh tenaga kredibel untuk menganalisa prosedur, desain sistem operasional dan lain-lain. Profesi analis program, konsultan, analis bisnis mendapatkan bayaran 4-7 juta rupiah, lho!

7. Pemeriksa Keuangan
Kamu bisa menjadi pemeriksa keuangan yang bertugas memeriksa transaksi atau laporan keuangan sesuai ketentuan hukum di sebuah perusahaan. Gaji yang ditawarkan bervariasi mulai 4-7 juta rupiah.

8. PNS

Kamu bisa bekerja sebagai pegawai Kementerian Keuangan baik di lembaga BPK, Kantor Pajak dan lain-lain. Gaji ASN di Indonesia cukup besar tergantung golongan, lho!

Baca Juga:  Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

9. Auditor

Tim keuangan di sebuah perusahaan membutuhkan seorang auditor yang akan memeriksa laporan keuangan wajar atau tidak. Auditor akan selalu berkaitan dengan bagian pencatatan keuangan atau akuntan. Perusahaan akan memberikan gaji mulai 4-7 juta rupiah untuk auditor yang berpengalaman.

10. Wirausaha

Prospek kerja seorang lulusan Ekonomi tidak lepas dari keinginan membuka usaha mandiri. Kamu bisa menjadi wirausaha sukses sebab tahu cara mengelola keuangan usaha dengan baik. Ilmu pencatatan arus kas, penambahan modal, biaya operasional, dan lain-lain bisa membantu Kamu memiliki usaha yang sukses.

Baca Juga:  Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

Yuk, ambil peluang atau prospek kerja Ekonomi dengan memilih jurusan di bawah Fakultas Ekonomi yang sesuai minat Kamu!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *